Untuk Terus Hidup, Wikipedia Butuh Dana Sebesar Rp 1,4 Triliun

Wikipedia di Ambang Kematian Karena Kurang Pendanaan – Di tengah maraknya perkembangan dunia internet untuk pendidikan, hampir semua netizen pasti mengenal portal Wikipedia. Situs yang satu ini biasanya menjadi rujukan untuk mencari sebuah informasi atau ensiklopedia. Namun kini tampaknya masalah berat tengah menghampiri Wikipedia. Situs edukatif yang satu ini, sekarang sedang sekarat akibat minimnya biaya operasional.

Untuk Terus Hidup, Wikipedia Butuh Dana Sebesar Rp 1,4 Triliun

Hal inilah yang lantas membuat Wikimedia, selaku organisasi yang menaungi Wikipedia berinisiatif menyelenggarakan kampanye penggalangan dana untuk menyelamatkan Wikipedia dari kematian. Kampanye penggalangan dana yang dilakukan Wikimedia, dihelat bertepatan dengan momentum ulang tahun Wikipedia yang ke-15 pada tahun 2016 ini.

Dikutip dari laman KompasTekno, hari Selasa (19/1), saat ini Wikipedia butuh dana sebesar 100 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,4 triliun. Besaran dana tersebut harus bisa didapat agar Wikipedia tetap bisa hidup dalam waktu 10 tahun ke depan. Atau jika dihitung per tahun, Wikipedia harus menerima dana sebesar 10 juta dollar AS setiap tahunnya.

Adapun dana yang dibutuhkan Wikipedia tersebut akan digunakan untuk membuat situs penyedia informasi tersebut agar tetap bisa online. Berapa dana yang diterima rencananya juga akan digunakan untuk melebarkan sayapnya di ranah mobile. Langkah ini sebenarnya sudah dilakukan oleh tim Wikipedia dalam beberapa waktu belakangan. Selain itu, Wikipedia juga berencana untuk memasukkan konten video di dalam portal mereka untuk memaksimalkan informasi yang dicari pengguna.

Untuk saat ini terkait dengan kampanye penggalangan dana, Wikimedia telah menggandeng Tides Foundation. Tides Foundation sendiri merupakan organisasi yang fokus pada penggalangan dana untuk aktivitas sosial. Sejauh ini Tides Foundation memiliki rekam jejak cukup baik dalam mengatur dan sumbangan di berbagai organisasi-organisasi sosial.

Wikipedia pertama kali didirikan oleh Jimmy Wales pada tahun 2000. Situs ini fokus sebagai ensiklopedia online yang ditulis oleh ahli di bidangnya. Sampai sekarang, Wikipedia diklaim sudah memiliki sekitar 35 juta artikel dalam berbagai bahasa, dan telah dipakai sebagai rujukan oleh lebih dari jutaan pengguna internet di dunia.

“Situs ini menjadi satu-satunya situs donasi yang paling banyak dikunjungi di internet, bantuan Anda sangat dibutuhkan,” tulis Wikimedia di situs penggalangan dananya. Baca juga Samsung Dapatkan Kontrak dari Apple untuk Produksi Layar OLED dan Airtop, Komputer Mini dengan Kinerja Handal.

Top