Ternyata Jumlah Teman Facebook yang Ideal Adalah 150 Orang

Jumlah Teman Facebook yang Ideal Adalah 150 Orang  – Saat ini hampir semua masyrakat di eblahan dunia memiliki jejaring sosial terpopuler yaitu Facebook. Sejak kedatangannya, situs sosial milik Mark Zuckerberg ini dengan cepat menyedot perhatian netizen untuk saling berinteraksi satu sama lain hanya lewat gadget. Kini hampir semua netizen memiliki akun Facebook beserta teman di dalamnya, entah kalangan tua ataupun muda. Namun tahukah sobat? Jika sebenarnya semakin banyak teman di Facebook justru tidak efektif. Karena berdasarkan penelitian, idealnya teman yang benar-benar kita kenal dengan baik di Facebook adalah 150 orang saja. Sementara sisanya adalah teman palsu.

Ternyata Jumlah Teman Facebook yang Ideal Adalah 150 Orang

Definisi palsu di sini bukan merujuk pada teman yang benar-benar tidak nyata atau hal negatif lainnya. Tetapi menurut para pengamat, kebanyakan teman Facebook palsu yang dimaksud adalah teman yang tidak banyak berinteraksi dengan kita, kendati mereka berada dalam list pertemanan jejaring sosial.

Riset mengenai hal tersebut pertama kali dipublikasi di jurnal Social Networks, seperti dikutip dari laman KompasTekno, hari Sabtu (24/1/2016), dari publikasi ilmiah tersebut berhasil menarik kesimpulan mengenai lapisan-lapisan dalam pertemanan di media sosial.

Tim peneliti saat melakukan riset mengambil sampel data dari 130.338 profil pengguna Facebook hingga kemudian terungkap data penelitian, jika pada lapisan pertemanan berada di kisaran 5, 15, 50, dan maksimal adalah 150 orang berbeda yang biasa kita ajak berinteraksi.

Sebenarnya hal ini tidak hanya berlaku pada jejaring sosial Facebook saja, melainkan juga Twitter. Atau bahkan bagi sebagian orang, penelitian ini juga berlaku di dunia nyata. Perbedaannya untuk Twitter lebih kompleks lagi, dimana pada lapisan pertemanan pertama di Twitter biasanya tidak dilakukan dengan komunikasi tatap muka. Umumnya di Twitter kita hanya berkomunikasi secara intensif dengan 1,5 individu namun tergantung dengan lapisan pertemanan di luar.

Individu yang biasa diajak berkomunikasi dengan intensif biasanya memiliki kedekatan ego, dengan asumsi pengguna saling berinteraksi setiap lima hari atau bahkan setiap hari di Facebook dan Twitter. Saat ini meskipun kapasitas pertemanan di jejaring sosial bisa menampung lebih dari 150 orang, namun sebenarnya yang benar-benar aktif dari 150 orang tersebut adalah 100 orang saja. Apalagi untuk Facebook yang bisa mengakomodasi sampai 5.000 teman, angka ini dinilai terlalu berlebihan untuk menjalin komunikasi di media sosial. Baca juga Demi Eksistensi di iPhone, Google Bayar Apple Triliunan Rupiah dan Tanggapan Pihak Asosiasi Terhadap Gempuran E-Commerce Asing di Indonesia.

Top