Safari Anda Mengalami Crash? Ini Solusinya!

Crash Besar-besaran Terjadi Pada Mac dan iOS – Baru Saja dikabarkan bahwa Safari yang berjalan pada Mac dan iOS tengah mengalami crash atau gangguan secara besar-besaran. Rupanya crash yang mempengaruhi kenyamanan para pengguna tersebut disebabkan oleh adanya bug.

crash-besar-besaran-terjadi-pada-mac-dan-ios

Laporan yang beredar  mengatakan bahwa Safari mengalami crash, baik untuk perangkat desktop maupun mobile. Crash tersebut muncul pada saat pengguna melakukan pencarian dengan memanfaatkan address bar. Dari adanya gangguan tersebut kemudian beberapa pengembang Twitter menyatakan bahwa crash tersebut berasal dari fungsi pencarian pada Safari.

Pasalnya, pada saat pengguna mengetik dua huruf pada address bar, lalu alamat akan secara langsung masuk ke server Apple dan selanjutnya akan menghimbau pengguna untuk kembali pada halaman sebelumnya. Hal ini berlaku pada pencarian menggunakan keyword ataupun URL. Inilah yang menyababkan seluruh pengguna Safari terganggu dalam penggunaannya.

Namun, beberapa saat setelahnya kemudian terdengar laporan bahwa fungsi Safari telah berangsur normal setelah versinya diperbarui. Rupanya bug yang terjadi hanya berpengaruh pada perangkat iPhone, iPad, dan Mac yang melakukan update cache suggestion pencarian pada jam-jam tengah malam atau dini hari.

Apabila pengguna mengalami crash sejenis, maka inilah solusi yang bisa dilakukan untuk membuatnya normal kembali!

Cukup dengan melakukan akses pada menu Setting Screen kemudian matikan Search Engine Sugesstion. Selain itu masih juga ada alternatif lain yaitu dengan masuk ke Safari menggunakan mode browsing private. Serta bisa juga menggunakan browser pihak ketiga seperti Google Chrome.

Rupanya, crash besar-besaran yang terjadi pada Safari ini berawal dari beberapa hari setelah ditemukan link berbahaya pada Twitter dan platform media sosial lainnya. Halaman bernama CrashSafari.com merupakan sirus yang menyebabkan crash pada beberapa browser. Namun, yang paling berbahaya adalah apabila halaman tersebut diakses menggunakan Safari pada iOS, karena akan menyebabkan perangkat iPhone atau iPad pengguna mengalami reboot.

Dengan pengalaman tersebut, Safari sendiri telah melakukan pembenahan yang lebih maksimal untuk menghindari hal yang sama terulang kembali di lain waktu. Karena dari crash tersebut telah banyak pengguna yang merasa terganggu khususnya untuk penggun iOS. Baca juga WhatsApp dan Facebook Tidak akan Lagi Berjalan Independen dan Terungkap Besarnya Keuntungan Google dari Android pada Perseteruan Google dengan Oracle

Top