Penjualan Xiaomi di 2015 Tak Sesuai Target

Gagal Capai Target, Xiaomi Hanya Jual 70 Juta Unit – Memasuki awal tahun 2016, produsen-produsen smartphone telah melakukan rekap akhir dari penjualan di tahun sebelumnya. Kali ini, berita yang cukup mengejutkan datang dari Tiongkok. Pasalnya, salah satu vendor asal negeri Tirai Bambu, Xiaomi dinyatakan gagal mencapai target penjualan 2015. Kendati demikian, para investor Xiaomi mulai mempertanyakan performa bisnis Xiaomi.

gagal-capai-target-xiaomi-hanya-jual-70-juta-unit

Setelah dalam beberapa waktu Xiaomi enggan buka suara, akhirnya kali ini pihak terkait membernarkan isu tersebut. Berdasarkan informasi Techcrunch yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Sabtu  (16/01/2016) menyatakan bahwa Xiaomi mengakui mereka hanya berhasil menjual 70 juta unit smartphone atau kurang dari 10 juta unit dari yang ditargetkan.

Untuk jumlah yang lebih detail, memang tidak dibeberkan lebih jauh. Seperti pangsa-pangsa pasar di Negara mana yang memberi kontribusi paling besar dan paling kecil dalam jumlah penjualannya. Amun, meskipun gagal capai target, penjualan Xiaomi ini sebetulnya mengalami peningkatan dari yang sebelumnya di tahun 2014 hanya mencatatat angka 61 juta unit saja. Bahkan, pihaknya juga mengklaim bahwa produk Xiaomi masih cukup mendominasi di pangsa pasar China sepanjang 2015 lalu.

Meskipun Xiaomi mengakui bahwa produknya masih mendominasi pasaran China, namun analis pasar smartphone Canalys menyatakan bahwa pada kuartal ketiga di tahun 2015 lalu, posisis Xiaomi telah tergeser oleh Huawei yang saat ini menjadi raja untuk market share di pasar Negara asalnya. Huawei telah dinobatkan sebagai vendor asal China pertama yang berhasil memasarkan lebih dari 100 juta unit smartphone dalam waktu satu tahun.

Tetapi yang perlu diketahui, bahwa angka pemasaran tidak akan selalu sama dengan jumlah angka penjualan. Walaupun untuk angka permintaan pasar menunjukkan jumlah yang tinggi, permintaan ponsel-ponsel akan terjual semuanya.

Terkait berita ini, masih belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak Xiaomi terkait strategi atau solusi untuk membenahi angka penjualan tersebut, agar di periode 2016 ini mendapatkan angka penjualan yang sesuai target dan tidak menegcewakan para investornya.

Neil Shah, yang merupakan seorang analis teknologi meramalkan bahwa untuk 2016 Xiaomi akan berhasil meningkatkan penjualan sebanyak 16 persen. Hal ini karena mulai 2016, Xiaomi telah meluaskan sayap pemasarannya yang memasuki pasar Amerika Serikat, Amerika Latin dan Eropa Timur. Baca juga Samsung Perkenalkan Galaxy J1 di Dubai dan Moto, Produk Lenovo Motorola Dalam Persiapan TKDN untuk Masuk Indonesia

Top