Penjualan iPhone Terindikasi Mulai Menurun

Sesuai Prediksi, Trend Penjualan iPhone Bakal Menurun – Baru saja, vendor Apple mengumumkan perihal data penjualan produk mereka yaitu iPhone pada periode kuartal akhir tahun lalu, yang berujung tanggal 26 Desember 2015. Hasilnya, diperoleh fakta bahwa penjualan iPhone hanya tumbuh di bawah 2 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah unit iPhone yang terjual tercatat dari 74,5 unit hanya menjadi 74,77 juta unit saja. Bahkan angka ini diprediksikan akan menurun pada kuartal berikutnya di tahun ini. Tim Cook juga memperingatkan bahwa hal buruk segera terjadi pada Apple.

Penjualan iPhone Terindikasi Mulai Menurun

“Kami pikir penjualan iPhone akan mengalami penurunan di kuartal mendatang,” ujar CEO Apple, Tim Cook dalam sebuah earnings call pasca pengumuman laporan keuangan, dikutip dari laman KompasTekno, Kamis (28/1).

Jika benar terjadi, maka Apple harus bersiap menghadapi kenyataan penurunan penjualan pertama dalam sejarah iPhone. Dimana sejak dirilis pertama kali, mengenai trend penjualan iPhone selalu mengalami peningkatan. Tak pelak jika iPhone saat ini menjadi tulang punggung penjualan Apple dengan menyumbang pendapatan paling banyak dibandingkan produk lainnya.

Apple mengungkapkan jika penurunan penjualan iPhone merupakan imbas dari penguatan dollar AS dan tingkat ekonomi global yang melamban. Dengan trend penurunan penjualan ini, sekaligus bisa berpengaruh terhadap dua per tiga pendapatan Apple dan turut menggoyahkan niat investor. Sedangkan sebelumnya trend penurunan penjualan juga sudah terjadi pada produk iPad sejak dua tahun silam, menyusul penyusutan penjualan Mac yang cukup signifikan di kuartal terakhir ini.

Sementara itu, pada kuartal pertama tahun 2016, Apple berhasil mendapat pemasukan sebesar 18,36 miliar dollar AS. Angka ini sebenarnya meningkat dari kuartal yang sama tahun 2015 lalu, dimana Apple berhasil menerima pendapatan sebesar 18.02 miliar dollar AS. Sayangnya tak seperti biasa, peningkatan pednapatan ini hanya terpaut 1,9 persen saja.

Meskipun penjualan iPhone diprediksi menurun mulai kuartal depan, namun Cook sudah menyiapkan strategi alternatif untuk menambah pemasukan perusahaan selain hanya mengandalkan iPhone. Bagi Cook, Apple masih memiliki peluang besar dengan penjualan iPad ditambah layanan Apple Music.

“Kami tidak hanya hidup dalam hitungan 90 hari per kuartal, dan kami tidak hanya berinvestasi untuk hitungan tersebut. Saya yakin kami sedang melakukan hal yang tepat juga memiliki aset yang sangat besar,” tutup Cook. Baca juga Harga Samsung Galaxy A3 2016 di Indonesia Tembus Rp 4 Juta dan Asus Zenfone 2 Deluxe Spesial Edition Hadir dengan Performa dan Desain Menarik.

Top