Menkominfo: Netflix Tidak Akan Diblokir!

Netflix Tidak Akan Diblokir Asal Mematuhi Undang-Undang ITE – Belakangan ini, Menkominfo terlihat sibuk dengan aktivitas pemblokiran situs-situs tertentu di internet. Situs yang diblokir merupakan alamat-alamat situs yang tidak sesuai dengan standar  Undang-undang ITE. Setelah beberapa isu menyatakan bahwa Netflix akan ikut diblokir, kini pihak pemerintah khususnya Menkominfo telah angkat bicara.

netflix-tidak-akan-diblokir-asal-mematuhi-undang-undang-ite

Kehadiran Netflix sebagai layanan streaming film di Indonesia rupanya cukup disambut baik oleh pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menegaskan bahwa layanan tersebut tidak akan diblokir, melainkan hanya akan dibenahi saja.

Berdasarkan kutipan dari halaman KpompasTekno, Rabu (134/01/2016),”Netflix nanti akan diwadahi dari sisi regulasinya, karena di situ ada kepentingan msyarakat juga,” ujarnya.

Namun, Rudiantara tetap menghimbau agar layanan streamning film dari Netflix juga harus memperhatikan konten-konten penyajian. Maksudnya, segala film yang disajikan pada situs Netflix harus memenuhi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang telah berlaku di Indonesia. Dengan begitu, Netflix tetap aman.

Konten-konten khusus dewasa, masih tetap boleh ditayangkan. Asalkan, menurut Rudiantara harus ada proteksi agar tidak dapat diakses oleh penonton di bawah umur. “Boleh-boleh saja beroperasi, setelah kontenya terkontrol,” tambahnya kemudian.

Sebagai informasi, lamayan Netflix telah hadir sejak awal Januari 2016 dan hingga saat ini layanan streaming film tersebut  menawarkan member secara gratis selama waktu satu bulan sebagai bentuk promosinya di Indonesia.

Meskipun memang dari beberapa konten yang disajikan Netflix mengandung unsur yang hanya boleh dikonsumsi oleh penonton dewasa, namun sebagaimana yang diatur bahwa Netflix juga memiliki fitur Parental Controls.

Nantinya, fitur tersebut akan bekerja membagi tayangan berdasarkan umur penontonnya. Baian-bagian tersebut meliputi Little Kids, Older Kids, Teens dan Adults. Fitur tersebut dapat disetting melalui menu Profils pengguna. Dengan kata lain, pengguna harus melakukan registrasi dan mengisi halaman profil sebelum mnejadi member Netflix.

Selain itu, film-film di Netflix juga tidak dipertontonkan secara bebas, seperti Youtube. Layanan tersebut, mensyaratkan penggunaan dari kartu kredit untuk menjadi langganan. Hal ini juga berfungsi untuk melakukan filter yang ketat terhadap para pelanggannya. Baca juga Kemenkominfo Blokir 22 Situs Download Lagu Ilegal dan Soal Startup, Menkominfo Ingin Ikuti Jejak Brunei dan Singapura

Top