Malam Tahun Baru WhatsApp Gangguan? Ini Penyebabnya

WhatsApp Alami Gangguan Pada Malam Tahun Baru – Euforia malam tahun baru di penjuru dunia, ternyata tak selamanya berjalan mulus. Termasuk pada momentum pergantian tahun tersebut, aplikasi instant messaging populer dunia, WhatsApp justru mengalami masalah sehingga hal ini cukup mengganggu banyak aktivitas penggunanya di beberapa negara. Dilaporkan oleh beberapa pengguna aplikasi WhatsApp, mereka banyak yang protes terkait dengan masalah koneksi pada aplikasi yang baru dibeli Facebook tersebut.

WhatsApp Alami Gangguan Pada Malam Tahun Baru

Dilansir dari laporan yang dirilis USA Today, pada hari Jumat. 1 Januari 2016 kemarin, masalah akses pada koneksi WhatsApp terjadi pada pukul 21.30 tanggal 31 Desember 2015. Untungnya, hanya ada beberapa negara yang mengalami gangguan tersebut, sehingga pengguna lainnya masih bisa beraktivitas dengan lancar menggunakan WhatsApp.

Sebelumnya pihak WhatsApp sendiri sudah mengkonfirmasi mengenai gangguan pada aplikasi messaging buatannya tersebut. Kemudian perusahaan saat ini sudah memperbaiki kerusakan, dan semuanya sudah beres seperti yang diharapkan.

“Beberapa orang telah mengalami kekacauan akses WhatsApp hari ini (malam tahun baru). Kami sedang memperbaiki layanan agar kembali 100 persen bagi semuanya,” kata WhatsApp dalam keterangannya, Kamis 31 Desember 2015, dikutip dari laman Viva.co.id, hari Sabtu (2/1).

Dalam kesempatan tersebut, perusahaan juga mengajukan permintaan maaf untuk pengguna yang mengalami gangguan konektivitas saat malam tahun baru.

“Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis WhatsApp.

Berita mengenai tumbangnya jaringan WhatsApp sempat menempati daftar trending topic dunia, pada hari Jumat (1/1) dinihari. Banyak pengguna Twitter yang mengeluhkan errornya aplikasi WhatsApp, di tengah wilayah lain sedang merayakan momen pergantian tahun baru 2016. Dari banyaknya cuitan di Twitter, mayoritas pengguna mengatakan jika pesan layanan instan dari WhatsApp down. Baru satu jam setelah terompet tahun baru bergema atau sekitar pukul 01.00, layanan WhatsApp sudah kembali normal.

Apabila tidak mengalami gangguan, kemungkinan WhatsApp akan berada dalam trafik yang melonjak saat momentum malam pergantian tahun. Tercatat, pada malam tahun baru 2015 kemarin saja, WhatsApp berhasil mengalami pelonjakan trafik yang cukup pesat. Dari laporan yang dirilis, pada malam pergantian tahun baru 2015 yang lalu, ada sebanyak 54 miliar pesan yang dikirim melalui WhatsApp. Baca juga Samsung Produksi Chip Bio-Processor yang Bisa Deteksi Kesehatan Tubuh dan “Game of Thrones” Jadi Serial TV Bajakan Paling Favorit.

Top