Kini Masyarakat Bisa Mengantisipasi Tindak Terorisme Lewat Aplikasi

Kepolisian Indonesia Gandeng Pengembang Luncurkan Aplikasi ‘Stop Terorisme’ – Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia digemparkan dengan aksi brutal terorisme yang mengancam keamanan warga. Meskipun berhasil dilumpuhkan, namun aksi terorisme tetap saja meresahkan. Seringkali aksi terorisme tersebut dimulai dari lingkungan sekitar kita tanpa kita sadari.

Kepolisian Indonesia Gandeng Pengembang Luncurkan Aplikasi 'Stop Terorisme'

Nah untuk mengatasi aksi tindak terosrisme, kini masyarakat bisa berpartisipasi langsung untuk mencegahnya. Dimana Kepolisian Indonesia saat ini telah menggandeng pengembang aplikasi, Adjie Pratama, untuk meluncurkan aplikasi bernama Stop Terorisme. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa melaporkan hal-hal yang terindikasi kuat berhubungan dengan tindakan terorisme di lingkungan sekitar mereka.

“Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melapor langsung bila ada tindak terorisme atau kalau mencurigai pelaku teroris di lingkungan mereka,” ujar Adjie Pratama, dipetik dari laman TeknoTempo, hari Kamis (28/1).

Adjie menambahkan dalam aplikasi rancangannya tersebut, tersedia lima fitur utama, yakni yang pertama fungsi pengaduan warga. Dimana dengan pengaduan warga ini, masyarakat harus mengisi lembar pengaduan warga yang tersusun rangkaian pertanyaan yang mesti dijawab.

“Warga juga wajib memasukkan nomor SIM atau KTP dan nomor telepon selular,” imbuhnya.

Kemudian proses selanjutnya, laporan tersebut akan diteruskan kepada Humas Kepolisian Indonesia, untuk segera ditindak lanjuti. Sementara untuk fitur lainnya, ada pula nomor darurat yang tersedia. Lewat nomor darurat ini, warga bisa menghubungi saat terjadi kondisi darurat. Tak hanya itu saja, warga juga bisa memanfaatkan akun Twitter yang terhubung dengan aplikasi Stop Terorisme. Selanjutnya juga ada fitur berupa berita terkait perkembangan terorisme. Terakhir pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi Stop Terorisme sebagai wadah diskusi online dengan aparat berwenang mengenai aksi teror.

Kelebihan lain yang coba ditawarkan oleh aplikasi Stop Terorisme adalah aplikasi ini sangat user friendly, dan mudah digunakan. Selain itu ukuran aplikasinya juga termasuk kecil sehingga tak mengganggu kapasitas penyimpanan smartphone pengguna. Saat ini aplikasi Stop Terorisme sudah bisa diunduh secara gratis di Google Playstore dan Amazon Store dan sudah kompatibel untuk perangkat ber-OS Android maupun BlackBerry 10. Baca juga Crash Besar-besaran Terjadi Pada Mac dan iOS dan WhatsApp dan Facebook Tidak akan Lagi Berjalan Independen.

Top