Keren! Drone Ini Bisa Jadi Seperti Spider Man

Drone Terbaru, Bisa Tembakkan Jaring Layaknya Spider Man – Teknologi yang saat ini sedang booming salah satunya adalah peswat tanpa awak atau drone. Sebagian orang, menggunakan drone ini untuk melakukan pengambilan gambar atau rekam video dari langit. Namun, seperti halnya peralatan elektronik, secanggih apapun teknologi yang diberikan tetap saja akan ada celah keamanan yang dimiliki, bahkan tak jarang juga membawa bahaya bagi orang lain apabila penggunaannya tidak berhati-hati.

drone-terbaru-bisa-tembakkan-jaring-layaknya-spider-man

Untuk itu, penggunaan drone tidak bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan untuk bsa menggunakan alat ini harus terlebih dahulu melakukan registrasi atau pendaftaran ke US Federal Aviation Administration (FAA). Selain itu, untuk mengantisipasi adanya pengguna drone yang tidak bertanggung jawab maka juga dibutuhkan sistem kemanan sejenis polisi lalu lintas untuk memantau pengguna drone yang sembarangan.

Kali ini Mo Rastgaar seorang professor teknik mesin dari Michigan Technological University (MTU) bersama timnya telah menjawab kebutuhan pengaman lalu lintas drone tersebut. Bahkan dengan temuan barunya, tim peneliti telah berhasil mengembangkan drone dengan ukuran lebih besar yang dapat menembekkan jaring terhadap musuhnya seperti Spider Man.

Drone ini sanggup menembakkan jaring besat pada drone lainnya dari jarak sejauh 40 kaki, kemudian setelah itu drone yang dipasang sebagai target tembaknya akan dibawa pergi. Begitulah laporan dari Cnet yang dirangkum dari halaman techno.okezone, Senin (11/01/2016).

Penembakkan yang dilakukan oleh drone tersebut, bisa dikendalikan oleh manusia atau disetting secara otomatis. Berdasarkan sumber yang sama, pihak MTU mengungkapkan banwa drone ciptaannya tersebut juga memiliki fitur menarik yaitu dengan membuat net atau jaring yang melekat pada tangkapan drone untuk membawanya atau menjatuhkannya pada area yang aman.

Rastgaar sendiri mengaku bahwa pembuatan drone tersebut merupakan inspirasi dari perlindungan yang dilakukan oleh sniper pada penonton game World Cup, namun tindakan tersebut berfungsi untuk melakukan pencegahan terhadap pengguna drone yang sembarangan dan tidak membuat drone tersebut rusak.

Dengan adanya tindakan keamanan itu, maka diharapkan dampak yang disebabkan oleh drone yang jatuh atau meledak bisa terminimalisir sehingga akan mengurangi kerugian pada pemilik drone maupun mengancam keamanan orang lain. Baca juga Ajang CES 2016 Jadi Debut Drone Berpenumpang dan Apple Watch Kembangkan Fitur Pengemudi Drone

Top