Intip Teknologi Canggih di Film Sekuel Avatar

Film Sekuel Avatar Libatkan Teknologi Canggih nan Modern – Untuk sobat Begawei yang gemar menonton film di bioskop, tentunya sepakat jika film-film saat ini telah dibuat dengan teknologi yang canggih sehingga cukup puas menontonnya. Dan siapa pula yang tak mengenal film legendaris Avatar, yang notabene merupakan film laris dengan budget mahal karena menawarkan sensasi menonton film yang berbeda dari kebanyakan.

Intip Teknologi Canggih di Film Sekuel Avatar

Kini setelah tayang pada tahun 2009 lalu, Avatar siap dengan sekuel terbarunya. Dengan teknologi yang dibawanya, dikabarkan film Avatar pertama menelan biaya produksi sampai 237 dollar AS. Biaya tersebut pastinya sebagian digunakan untuk efek komputer yang melibatkan pemeran di dalamnya.

Sang sutradara, David Cameron, mengaku menggunakan teknologi Computer Generated Imagery (CGI). Selain itu ia juga membidik gerakan aktor serta eksperesi wajah lewat 140 kamera digital. Sementara untuk mendapat hasil maksimal, para pemeran juga dipasangi sensor demi gesture yang detail. Lantas menyempurnakan sisi visualisasi Cameron juga memakai fusion kamera 3 D.

Hasilnya? Kualitas gambar yang dihasilkan di film Avatar memang cukup menakjubkan. Dan kini sukses dengan flm pertama, sekuel film Avatar akan segera dibuat, tentunya dengan kualitas perekaman yang dioptimalisasi.

“Ya, saya sedang mempelajari format high frame. Namun, saya belum mengambil keputusan apakah secara keseluruhan film ini akan dibuat dengan format tersebut atau hanya sebagian,” tutur Cameron, dilansir dari KompasTekno, hari Rabu (28/1).

Indikasinya, kemungkinan Cameron bakal menggunakan kamera beresolusi 4K dengan 48 fps high frame. Bisa jadi film kedua Avatar nantinya bisa menghasilkan resolusi 3.840 x 2.160 piksel. Jika benar, resolusi ini meningkat drastis hingga empat kali lipat lebih tajam dibandingkan film pertama yang menggunakan teknologi 1.280 x 720 piksel di standar resolusi high definition (HD) maupun 1.920 x 1.080 piksel untuk full HD. Lewat resolusi ini, maka film kedua ini bisa menyuguhkan gambar super detail dan komposisi warna hampir mirip dengan aslinya.

Saat ini resolusi gambar4K sudah jamak digunakan di industri perfilman, sperti film The Hobbit yang sudah menggunakan teknologi serupa. Untuk bisa menikmati gambar resolusi 4K di rumah, idealnya penonton menggunakan TV yang sudah mendukung teknologi warna digital hexa chrome drive. Baca juga Netflix Beri Tanggapan Usai Diblokir Oleh Telkom Indonesia dan Jabra Hadirkan Headset Canggih Halo Fusion Wireless di Indonesia.

Top