Indonesia Dinilai Terlambat Soal Jaringan 4G LTE

Era 4G LTE di Indonesia Dinilai Terlambat – Saat ini perkembangan industri telekomunikasi Indonesia bisa dibilang cukup maju, setelah sebelumnya pemerintah bersama dengan lima operator tekomunikasi meluncurkan layanan 4G LTE serentak dalam lingkup nasional. Mengenai peluncuran layanan 4G LTE di Indonesia ini yang dilakukan secara nasional, ternyata mendapat tanggapan dari PT XL Axiata. XL menganggap jika kedatangan jaringan 4G LTE di Indonesia saat ini termasuk terlambat.

Indonesia Dinilai Terlambat Soal Jaringan 4G LTE

“Indonesia launching 4G akhir tahun kemarin bisa dibilang terlambat. Pasalnya, negara-negara tetangga gunakan 4G sudah dari 5 tahun lalu. Bahkan, disini kita baru launching 4G. Bahkan, 2017 Korea sudah mau gunakan 5G,” ujar Chief Executive Officer PT XL Axiata, Dian Siswarini, dilansir dari laman Autotekno Sindonews, hari Senin (11/1).

Dian juga mengungkapkan jika keterlambatan jaringan 4G LTE beroperasi di Indonesia disebabkan karena infrastruktur yang belum siap. Untuk membangun infrastruktur, peran pemerintah juga dirasa cukup vital.

“Tidak dapat dipungkiri memang perlu sedikit perbaikan agar 4G dapat berjalan dengan baik. Selain itu, diperlukan juga aturan yang baik dan dibuat cepat sehingga kita tidak tertinggal jauh oleh negara-negara tetangga,” tambah Dian.

Selain itu menanggapi era jaringan 4G LTE di Indonesia, berarti negara ini juga harus siap menghadapi tantangan selanjutnya. Adapun tantangan yang harus dihadapi adalah soal edukasi atau pemahaman konsumen mengenai jaringan 4G.

“Tantangan utama adalah soal edukasi. Kita berikan informasi lewat SMS broadcast itu tidak cukup. Jadi kita putuskan untuk menjemput bola dan mencari sesuatu yang relevan buat mereka. Dulu saya pikir, hanya sebatas pada device. Tapi sekarang device sudah banyak yang murah,” imbuhnya.

Sementara untuk tantangan bagi operator jaringan seperti XL dalam menghadapi era 4G adalah pada soal penanganan. Karena dengan hadirnya teknologi jaringan 4G, kini operator seluler harus bisa memaintenance tiga teknologi jaringan meliputi 2G, 3G, dan 4G. Namun Dian optimis, jika XL mampu menghadapi tantangan tersebut dan proses optimalisasi jaringan 4G LTE di Indonesia tidak akan terlalu banyak memakan waktu. Baca juga Data Pribadi Pengguna Go-Jek Rawan Dicuri dan Cortana, Siap Maksimalkan Teknologi Rumah Revolusioner.

Top