Ilmuwan Ungkap Alasan Mengapa Smartphone Dilarang Disimpan di Kantung Celana

Ini Bahaya Smartphone Disimpan di Saku Celana – Saat ini bisa dibilang smartphone merupakan gadget pokok bagi hampir sebagian orang. Maka tak heran di sekeliling kita banyak orang yang tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone dalam keidupan sehari-hari. Tapi ternyata ketergantungan manusia pada smartphone, turut dikhawatirkan oleh sebagian ilmuwan.

Ini Bahaya Smartphone Disimpan di Saku Celana

Diungkapkan oleh Dr. Devra Davis, yang merupakan ilmuwan asal AS. Devra adalah ilmuwan yang selama bertahun-tahun fokus pada penelitian dampak dari radiasi telepon genggam. Ilmuwan ini juga menyebutkan jika smartphone memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan lebih dari yang kita kira selama ini.

“Kebiasaan menaruh telepon genggam di dalam bra, dan kini ada gadget baru yang bisa kita tempelkan di kepala kita, telah membuat saya khawatir terkait dampak dari pemaparan terhadap telepon genggam,” ujar Devra, dalam sebuah seminar di National Institute of Environmental Health Sciences, dikutip dari TeknoTempo, hari Selasa (12/1).

Namun Devra juga mengatakan jika radiasi smartphone juga bisa ikut andil dalam hal medis, terutama untuk penyembuhan kanker hati, mendeteksi kanker, serta meningkatkan penyerapan obat-obatan ke dalam otak. Tetapi dampak negatifnya juga banyak, antara lain radiasi tersebut bisa memecah penghambat darah otak.

Bahaya mengenai radiasi smartphone tak hanya diungkapkan oleh Dr Devra saja, melainkan sudah banyak ilmuwan yang mengutarakan jika radiasi smartphone bisa merusak DNA, mempengaruhi kesuburan pria, dan mengubah metabolisme otak. Selain itu penggunaan smartphone yang berlebihan juga bisa membuat pengguna gampang depresi, diabetes, dan detak jantung menjadi tidak stabil.

Kemudian dari banyaknya kasus yang ditangani Dr Devra, beliau juga mengatakan jika banyak pasien dengan tumor payudara yang tumbuh akibat penyimpanan smartphone di dalam bra yang dipakainya. Jelas, selain itu penyimpanan smartphone di saku celana juga sangat tidak dianjurkan.

Sebenarnya, banyak pabrikan smartphone yang melarang hal serupa. Dimana seperti yang tertulis di dalam buku panduan iPhone, Apple dengan tegas melarang menyimpan smartphone di saku celana, karena radiasi ponsel berpotensi bisa melemahkan area panggul dan mengurangi kepadatan tulang. Solusinya, pengguna bisa menyimpan smartphone di dalam tas. Baca juga Smartphone 4 Inchi Apple Dinamakan iPhone 5e? dan Beredar Foto Bocoran Ponsel Nokia Berbasis Android.

Top