Ilmuwan Kembangkan Tablet Canggih untuk Tuna Netra

Tablet Canggih Berteknologi Braille Gelembung Mulai Dikembangkan – Di tengah perkembangan dunia teknologi dewasa ini, membuat ilmuwan terus berusaha untuk mengembangkan produk canggih yang tak hanya menyasar orang normal saja. Perkembangan teknologi juga mestinya bisa dinikmati oleh orang yang berkebutuhan khusus. Salah satunya ialah menyempurnakan komputer tablet yang bisa digunakan oleh penderita gangguan penglihatan.

Tablet Canggih Berteknologi Braille Gelembung Mulai Dikembangkan

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University of Michigan, Amerika, yang saat ini tengah berjuang keras megembangkan tablet berteknologi tinggi untuk tuna netra dengan prinsip keindahan visual tablet bisa dirasakan hanya lewat sentuhan ujung jari.

“Orang buta selama ini hanya memiliki akses pada satu baris tunggal dari suatu bacaan di perangkat digital mereka,” kata Alexander Russomanno, yang menjabat sebagai ketua penyelenggara proyek tablet digital seperti dilansir dari laman TeknoTempo, hari Kamis, 14 Januari 2016.

Alex menilai satu baris tunggal tidak mampu mengoptimalisasi tablet karena dinilai terlalu sulit untuk dimengerti. Selain itu kebanyakan saat ini komputer tablet yang tersedia hanya menggunakan pin plastik dengan penggerakan naik-turun oleh komponen motor. Teknologi ini tentunya kurang praktis dan banyak makan tempat. Untuk tablet baru yang dikembangkan Alex, nantinya akan memanfaatkan gelembung cair atau udara yang bisa diletupkan. Dengan begitu pengguna bisa meraba pola yang muncul dari gelembung tersebut.

Keunggulan lain dari tablet yang dikembangkan Alex adalah perangkat komputasi ini bisa menyediakan akses lebih pada bidang matematika dan sains. Sejauh ini menurut pandangan Alex, akses braille digital untuk tuna netra masih terlampau sedikit untuk bidang matematika dan sains.

“Dengan teknologi baru ini, mereka bisa melakukan hal menyenangkan seperti membaca grafik statistik dari pertandingan sepakbola,” tambah Sile O’Modhrain, yang berprofesi sebagai ilmuwan di bidang seni buta yang juga dilibatkan dalam proyek ini.

Tentunya dengan dikembangkan tablet berteknologi gelembung braille ini bisa membawa angin segar untuk pengguna tuna netra. Dengan tablet canggih ini, bisa dipastikan pengguna tidak akan lagi bergantung pada software pengubah teks menjadi suara. Selain itu pengguna juga bisa menikmati sajian angka grafik dengan lebih realistik. Baca juga Facebook Mentions Resmi Hadir di OS Android dan Samsung Perkenalkan Galaxy J1 di Dubai.

Top