Google Gelontorkan Dana Rp 13 Triliun Untuk Apple?

Demi Eksistensi di iPhone, Google Bayar Apple Triliunan Rupiah – Seperti diketahui, bahwa Google merupakan salah satu search engine yang nangkring hampir di seluruh OS termasuk pada antar muka gadget milik Apple. Baru-baru ini, terdengar kabar bahwa demi eksistensinya di Apple, Google ternyata harus menggelontorkan dana yang cukup besar agar dirinya tetap berada di layar iPhone dan keluarganya.

demi-eksistensi-di-iphone-google-bayar-apple-triliunan-rupiah

Rupanya, Google diketahui telah merogoh kocek hingga 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 13 triliun pada tahun 2014 lalu sebagai uang “penyogok” Apple agar search engine Google tetap disematkan pada segala perangkat iOS.

Berita tersebut, awalnya diungkap oleh sebuah dokumen pengadilan yang menangani kasus Oracle versus Google yang hingga kini masih berlangsung di Amerika Serikat, seperti informasi yang tertulis Bloomberg dan dilansir melalui halaman Kompas Tekno, Sabtu (23/01/2016).

Seperti diketahui, kasus perseteruan antara Oracle dan Google ini berlangsung sejak tahun 2010 lalu dan hingga saat ini mesih belum terselesaikan. Kasus hukum dari keduanya terkait pada masalah penggunaan software Java milik Opera dalam pengembangan Android tanpa adanya pembayaran biaya seperti yang seharusnya.

Kemudian, pernyataan dari dokumen atas adanya pembayaran Goole ke pihak Apple ini juga sama sekali tidak dibantah ataupun dibenarkan oleh Google, karena hingga saat ini mereka masih enggan buka suara untuk menanggapinya.

Dua perusahaan raksasa silicon valley ini kabarnya memang telah terlibat perjanjian revenue sharing untuk melakukan pembagian keuntungan yang diperoleh Google atas kehadiran dan eksistensinya pada perangkat-perangkat Apple.

Selain itu, Oracle juga kemudian membeberkan bahwa Google telah mendapat keuntungan cukup besar dari sistem iperasi Android. Keuntungan tersebut diperkirakan mencapai 22 miliar dollar Amerika Serikat atau jika dirupiahkan berkisar mencapai lebih dari Rp 300 triliun.

Rupanya, perseteruan Oracle dan Goolge kini mencapai tingkat yanglebih sengit. Oracle seolah terus mengumpulkan bukti untuk menguatkan posisinya. Sementara pihak Google sendiri belum mengeluarkan suara atas fakta yang sebenarnya terjadi terkait dana “sogok”  yang diberikan kepada Apple tersebut. Hingga kini juga belum diketahui tindak lanjut secara hukum dari kasus tersebut. Baca juga Google Mulai Uji Coba Kemampuan Login Tanpa Password dan Google Beli Domain Internet Berupa Rangkaian 26 Huruf Alfabet

Top