Facebook Aktifkan Fitur Pelacak Korban Gempa di India

Safety Check, Kembali Diaktifkan Untuk Melacak Korban Gempa di India – Facebook kini kembali mengaktifkan fitur Safety Check . Seperti kita ketahui bahwa fitur ini merupakan salah satu fasilitas dari Facebook yang digunakan apabila suatu ketika terjadi sebuah bencana cukup besar. Kali ini Facebook mengaktifkan fitur Safety Check tersebut untuk melacak korban gempa bumi yang terjadi di wilayah timur laut India pada hari Senin pagi lalu. Gempa tersebut diketahui berkekuatan 6,7 skala richter.

safety-check-kembali-diaktifkan-untuk-melacak-korban-gempa-di-india

Safety Check difungsikan bukan hanya untuk pengguna Facebook yang berada di lokasi pusat gempa yang saat itu terjadi di Imphal, ibu kota Negara Bagian Manipur, India. Namun, Facebook juga memberi himbauan agar pengguna yang berada di Negara-negara sekitar juga melapor pada status di Safety Check.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengungkapkan seperti yang dikutip dari halaman Kompas Tekno, Selasa (05/01/2016),”Guncangan juga dirasakan di Bangladesh, Myanmar, dan Nepal. Jika Anda berada di dekat situ, notifikasi Safety Check akan muncul dan Anda bisa melaporkan keselamatan,” ujarnya melalui halaman pribadi.

Tujuan adanya fitur Safety Check sendiri sebetulnya adalah sebagai media yang akan menghubungkan antara pengguna Facebook yang berada pada lokasi sekitar terjadinya bencana. Dengan begitu, komunikasi terkait kondisi korban dengan kerabat ataupun saudara yang berada di daerah lain akan menjadi semakin mudah dan terpantau.

Mekanisme kerja dari fitur ini sendiri adalah nantinya pengguna bisa melapor status keselamatan melalui Safety Check. Kemudian kerabat yang berada di daerah lain bisa mengetahui kondisi keselamatan korban, sehingga tidak perlu khawatir lagi.

Fitur Safety Check sendiri, mulai diperkenalkan pada tahun 2014 lalu. Pengembangan fitur ini dilakukan atas dasar inspirasi Facebook pada saat terjadi bencana gempa bumi di Jepang pada tahun 2011 lalu. Kala itu memang cukup banyak korban yang sulit terpantau kondisi keselamatannya sehingga memerlukan waktu cukup lama untuk mengevakuasi seluruh penduduk yang berada di pusat gempa dan wilayah-wilayah sekitarnya.

Mengawali pengaktifan fitur ini, Facebook memulainya pada saat terjadi gempa di Nepal dan penembakan di Paris. Jadi, bagi pengguna yang memiliki kerabat di wilayah sekitar gempa yang terjadi Senin kemarin di Manipur, India, bisa melihat status keselamatan korban di fitur Safety Check. Baca juga Mark Zuckerberg Ingin Realisasikan Asisten Digital Pribadi Berbasis AI dan Facebook at Work, Layanan Facebook Profesional Bakal Segera Hadir

Top