Dua Smartphone Android dari BlackBerry Meluncur Tahun Ini

BlackBerry Siap Rilis Dua Smartphone Android Tahun Ini – Setelah melakukan langkah besar di tahun 2015, perusahaan smartphone asal Kanada, BlackBerry, siap kembali menunjukkan taringnya di tahun 2016. Dimana momentum tahun 2016 akan dimanfaatkan oleh BlackBerry untuk merilis dua smartphone ber OS Android ke pasaran.

BlackBerry Siap Rilis Dua Smartphone Android Tahun Ini

“Keduanya akan berjalan pada perangkat lunak mobile Google,” ujar CEO BlackBerry John Chen dalam sebuah wawancara di pameran CES, Las Vegas, dikutip dari laman TeknoTempo, pada hari Jumat (8/1).

Pernyataan petinggi BlackBerry tersebut disampaikan berkenaan dengan berita jika Verizon Wireless, T-Mobile dan Sprint akan memasarkan BlackBerry Priv, smartphone Android perdana perusahaan itu yang berjalan setelah 60 hari kesepakatan eksklusif dengan AT&T.

Hal ini ternyata juga menimbulkan kekecewaan pada sebagian konsumen loyal BlackBerry yang saat ini tengah menunggu kedatangan perangkat dengan OS BlackBerry 10. Karena perusahaan sendiri mengindikasikan akan banyak merilis perangkat pintar dengan OS Android, ketimbang OS buatannya sendiri. Namun menurut BlackBerry, untuk OS BlackBerry 10 mereka akan terus mengembangkan, dan di masa depan OS ini bisa dinikmati di banyak perangkat besutan BlackBerry.

Untuk kapan waktu perilisan smartphone BlackBerry OS Android, Chen masih belum bisa mengungkapkannya secara detail. Tetapi ia memberi kisi-kisi, berupa sekitar dua bulan setelah penjualan BlackBerry Priv lancar, maka dia siap memberikan keputusannya.

“Saya mengambil pandangan optimistis,” ujarnya.

Sekedar tambahan informasi, saat ini BlackBerry Priv dijual dengan harga US$ 699 atau sekitar Rp 9,7 jutaan. Untuk kuartal tahun ini, BlackBerry Priv akan dipasarkan di 31 negara dengan kemungkinan harga yang lebih murah lagi.

Dengan adanya BlackBerry Priv ini, Chen juga memiliki harapan besar terkait smartphone ini bisa meningkatkan pendapatan perusahaan serta menaikkan reputasi BlackBerry yang akhir-akhir ini mulai ambruk. Sedangkan apakah BlackBerry memiliki rencana merilis perangkat OS BlackBerry 10 ke atas, Chen menganggap hal tersebut masih terlalu dini dibicarakan.

Tetapi yang jelas tahun 2016 bakal menjadi tahun penting buat BlackBerry, sebab pada tahun inilah langkah perusahaan untuk ke depannya ditentukan. BlackBerry juga menjanjikan akan terus merilis smartphone klasik BlackBerry tapi tidak dengan hardware yang baru. Baca juga XOLO 8X-100i, Smartphone asal India dengan Spesifikasi Tinggi  dan Murah dan Asus Zenfone Go Sudah Hadir di Indonesia dengan Harga Rp 1,2 Jutaan.

Top