Domain Google.Com Dihargai Senilai “Google”

Domain Google.Com Sempat Dibeli Mantan Pekerja Google dengan Harga Murah – Salah satu mantan pekerja Google, Sanmay Ved pada bulan Oktober 2015 yang lalu membuat sebuah cerita mengejutkan. Ia berhasil membeli nama domain Google.com, meskipun hanya dalam hitungan satu menit saja.

Domain Google.Com Sempat Dibeli Mantan Pekerja Google dengan Harga Murah

Sanmay Ved sempat menceritakan pengalamannya tersebut pada akun LinkedIn miliknya. Ved mengungkapkan bahwa ia tak sengaja mengetahui domain Google yang tak sengaja tersedia untuk dibeli. Dan yang lebih mengejutkan lagi, harga yang harus dibayarkan terbilang sangat murah yakni 12 dollar AS atau setara Rp 176.000. Padahal, nama domain tersebut bisa berharga sampai miliaran dollar AS, bahkan tidak ternilai harganya bagi Google. Raksasa internet itu pun diyakini tidak akan pernah mau melepas nama domain tersebut dengan harga berapapun.

Saat itu Ved berhasil membeli domain tersebut, tetapi hal itu hanya berlangsung selama satu menit saja sampai Google menyadari peristiwa penting yang sedang terjadi tersebut. Notifikasi baru pun muncul dan menyatakan pembatalan pembelian Google.com. Untuk memperbaiki kesalahan tersebut, Google saat itu langsung menawarkan uang tunai kepada Sanmay untuk “menyerahkan” kembali domain tersebut. Seperti yang sudah diketahui, Sanmay bersedia melepas domain itu ke mantan perusahaannya.

Pertanyaan besarnya, berapa besar uang yang diterima oleh Sanmay kala itu? Ia selama ini tidak pernah menyebutkan angka pastinya. Akan tetapi, pernah memberikan sedikit gambaran bahwa uang yang diterimanya melebihi 10.000 dollar AS. Tetapi kabar terbaru tentang berapa angka yang diterima Vad terungkap dalam postingan blog terbaru, Google membeberkan angka yang diberikan terbilang unik yaitu –6.006,13 dollar AS– . Angka tersebut bisa dibaca dengan Google, jika kita mepicingkan mata sedikit.

Alih-alih menggunakan uang tunai tersebut untuk kepentingan pribadinya, Sanmay memutuskan untuk menyumbangkan uang itu untuk kegiatan amal. Kebaikan itu ternyata langsung berbuah “berkah”. Saat itu juga Google yang mengetahuinya, langsung menggandakan jumlah uang tersebut. Laporan mengenai hadiah untuk Sanmay tersebut dituliskan Google dalam blog mengenai bounty program. Program tersebut menantang para peretas untuk menemukan celah keamanan dalam layanan Google. Dan pada tahun 2015, Google sendiri mengaku menghadiahkan uang sebesar 2 juta dollar AS kepada kurang lebih 300 peretas dan peneliti keamanan.

Top