Data Personal Pengguna WhatsApp Bisa Diteruskan ke Facebook?

Hidden Setting WhatsApp, Bisa Bagi Info Pengguna ke Facebook – Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp telah resmi diakuisisi oleh Facebook senilai Rp 233 triliun. Saat itu, adanya akuisisi tersebut mengundang kecemasan dari pengguna WhatsApp akan keamanan info personal atau privasi pengguna yang nantinya akan bisa diakses oleh Facebook. Sesaat kecemasan tersebut sempat menghilang dan kini mencuat kembali atas temuan yang diungkapkan oleh seorang pengembang. Apakah itu?

hidden-setting-whatsapp-bisa-bagi-info-penggun-ke-facebook

Pada awal Facebook mengakuisisi WhatsApp, CEO dari layanan pesan instan tersebut, Jan Konum sempat membantah adanya kecemasan yang timbul dari pengguna terkait keamanan privasi. Pasalnya, dalam blog resmi miliknya ia mengatakan bahwa WhatsApp tidak menyimpan data-data personal milik pengguna. Selain itu, pihaknya menuturkan bahwa meskipun WhatsApp diakuisisi Facebook, tetapi layanan ini akan tetap berjalan sebagai aplikasi mandiri.

Namun, rupanya hal itu hanya bertahan selama dua tahun saja. Beberapa waktu belakangan ini, kecemasan tersebut kembali mencuat berkat temuan dari salah seorang pengembang bernama Javier Santos.

Informasi TheNextWeb yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Senin (25/01/2016) menyatakan bahwa Santos telah menemukan pengaturan tersembunyi (hidden setting) pada aplikasi WhatsApp versi beta.

Pengaturan tersebut, rupanya memungkinkan pengguna untuk  membagi informasi personalnya pada Facebook.

Dari sumber yang sama, diketahui bahwa bunyi dari pengaturan tersebut adalah “Bagi informasi akun WtasApp dengan Facebook untuk meningkatkan pengalaman di Facebook.”

Namun, memang pengaturan tersembunyi itu bersifat optional. Jadi, pengguna diberi pilihan apakah dirinya mau atau tidak membagi informasinya di akun WhatsApp ke Facebook. Apqabila pengguna tidak ingin membagi informasinya, maka biarkan kotak dialog tersebut dalam kondisi kosong. Namun, apabila pengguna ingin membaginya di Facebook, maka bisa memberi tanda centang terhadap pilihan intruksi tersebut.

Seperti yang telah disinggung, pengaturan tersembunyi itu hanya ada pada WhatsApp versi beta saja. Dan hingga kini masih belum diketahui apakah pengaturan tersebut akan dilakukan untuk pembaruan secara komerisal atau tidak. Kemungkinan, bisa juga akan diubah konsep atau malah pengaturan tersembunyi tersebut akan dihilangkan dari pengaturan WhatsApp. Baca juga Jumlah Teman Facebook yang Ideal Adalah 150 Orang dan WhatsApp Bakal Digratiskan Sepenuhnya

Top