CES 2016 Tampilkan Drone Berpenumpang

Ajang CES 2016 Jadi Debut Drone Berpenumpang – Mungkin kebanyakan kita menjumpai dronesebagai perangkat mini yang memiliki empat baling-baling di tiap sudutnya. Drone biasanya mempunyai dimensi kecil dan hanya sebatas peerangkat penunjang hobby atau pembantu pekerjaan sehari-hari. Tetapi anggapan tersebut tampaknya bakal sirna setelah kita menemui drone berukuran besar dan hebatnya lagi bisa menampung penumpang.

Ajang CES 2016 Jadi Debut Drone Berpenumpang

Drone tersebut dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016. Dimana ajang ini banyak dimanfaatkan oleh deretan perusahaan teknologi untuk memamerkan inovasi terbarunya lewat produk-produk canggih. Ajang CES 2016 sendiri, kali ini tak hanya menampilkan banyak flagship berjenis smartphone atau laptop saja, melainkan juga drone modern yang bisa mengangkut penumpang layaknya helikopter.

Drone ini berasal dari negeri Tiongkok, yang memang dikenal sebagai negara yang ‘getol’ pamer inovasi terbaru. Meskipun merupakan pesawat nirawak, tetapi drone yang dinamakan Ehang 184 ini bisa digunakan sebagai media transportasi penggunanya.

Diketahui Ehang 184 memiliki dimensi yang cukup besar jika dibandingkan drone lainnya. Tetapi untuk desain yang diusungnya, Ehang 184 masih kental dengan aura drone mayoritas. Dari klaim pembuatnya, Ehang 184 dikatakan bisa menampung satu orang penumpang yang memiliki bobot tidak lebih dari 100 kg. Untuk kecepatannya, Ehang 184 memiliki top speed sampai 100 km per jam.

Dari segi operasional keamanan, Ehang 184 telah dilengkapi dengan sistem pengamanan yang canggih. Saat aplikasi pengamanan tidak berfungsi, maka Ehang 184 secara otomatis akan masuk dalam model melayang serta mencari tempat pendaratan yang aman.

Agar bisa legal digunakan terbang, Ehang 184 harus mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) layaknya drone konvensional lainnya. Diungkapkan oleh co-founder Ehang, drone miliknya tersebut telah mengantongi persetujuan dari FAA.

Menariknya saat ini, Ehang 184 sudah berhasil menyelesaikan lebih dari 100 kali penerbangan dengan mengangkut penumpang di dalamnya. Mengingat drone ini bisa mengangkut penumpang, maka untuk kisaran harga yang ditawarkanya juga bisa dibilang super mahal, yaitu sekitar USD300.000 atau RP 400 jutaan.

Kehebatan yang dibawa Ehang 184 ini lantas juga berhasil menarik perhatian pemerintah di negara Selandia Baru, negara bagian California, Los Angeles, dan Tiongkok sendiri. Daftar negara tersebut saat ini menaruh minat yang besar terhadap Ehang 184. Baca juga Dell Hadirkan Monitor Canggih Terbaru di CES 2016 dan Garmin Tactix Bravo, Jam Pintar Berteknologi Canggih Khusus untuk Misi Militer.

Top