CEO Facebook Ingin Realisasikan Teknologi ‘Jarvis’ di Iron Man

Mark Zuckerberg Ingin Realisasikan Asisten Digital Pribadi Berbasis AI – CEO Facebook, Mark Zuckerberg, saat ini mungkin tengah sumringah menjalani awal tahun 2016. Selain karena berhasil mencapai resolusinya di tahun 2015, Zuckerberg juga siap menyambut tahun 2016 dengan setumpuk resolusi baru.

CEO Facebook Ingin Realisasikan Teknologi 'Jarvis' di Iron Man

Tahun 2016 ini, orang yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia tersebut menginginkan dirinya bisa lebih baik lagi dibandingkan tahun 2015. Selain itu, bos besar Facebook rupanya juga sedang berusaha keras mewujudkan ambisinya yakni merealisasikan asisten digital pribadi berbasis Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini mirip dengan teknologi asisten pribadi di komik atau film Iron Man, Jarvis.

Dalam cerita Iron Man, Jarvis merupakan teknologi AI yang dibuat langsung oleh Tony Stark. Dengan adanya Jarvis, Tony Stark serasa memiliki asisten pribadi yang super canggih dan bisa membantu pekerjaannya sehari-hari. Dan kini Zuckerberg siap untuk mewujudkan Jarvis di dunia nyata bukan lagi sekedar angan-angan.

“Tantangan pribadi saya untuk tahun 2016 adalah membangun AI sederhana untuk mengelola rumah dan membantu saya dengan pekerjaan. Anda bisa berpikir, ia mirip seperti Jarvis dalam Iron Man,” tulis Zuckerberg, dalam akun Facebooknya, dikutip dari portal KompasTekno, hari Senin, (4/1).

Tidak hanya sekedar bicara, Zuckerberg saat ini juga sudah siap mempelajari teknologi AI yang telah ada. Maka tak heran jika Zuckerberg sangat ambisius terhadap proyek barunya ini.

“Kemudian, saya akan mengajarinya memahami suara saya untuk mengontrol semuanya dalam rumah–musik, lampu, temperatur, dan lain-lain,” ujar Zuckerberg.

“Saya akan mengajarinya untuk membiarkan teman saya masuk ke rumah hanya dengan melihat wajahnya saat menekan bel pintu. Saya juga akan mengajarinya untuk memberi peringatan apabila ada sesuatu yang harus diperiksa di kamar Max,” tambah Zuckerberg.

Zuckerberg juga menegaskan jika AI rancangannya ini juga bisa menjadi asisten untuk urusan pekerjaan, tak hanya soal kebutuhan rumah tangga saja.

“Di sisi pekerjaan, akan membantu visualisasi data dalam Virtual Reality untuk membantu saya membangun layanan yang lebih baik dan lebih efektif dalam memimpin organisasi,” pungkasnya.

Sebagai wujud nyata merealisasikan teknologi Jarvis, Zuckerberg menjanjikan akan terus memberitahu pengikutnya untuk setiap progres yang berhasil ia buat dalam merealisasikan AI. Baca juga Sebanyak Tujuh Ratusan Ribu Konten Negatif Berhasil Diblokir Kominfo dan Mengejutkan, Beredar Sebuah Foto Nintendo 3DS yang Berjalan di Windows 95.

Top