Buntut Sengketa Hak Paten, Samsung Galaxy S3 dan Note II Dilarang Beredar

Samsung Galaxy S3 dan Note II Dilarang Beredar di Amerika Serikat – Bicara mengenai rivalitas antara kedua perusahaan smartphone ternama dunia, Samsung dan Apple seolah tiada habisnya. Meskipun pada beberapa kesempatan kedua vendor ini terlihat melakukan kerja sama bisnis, namun untuk kasus yang lain, diketahui keduanya memang sedang berseteru. Seperti yang sudah kita ketahui, dalam lima tahun terakhir, pabrikan beda negara ini memang saling bertikai hingga melibatkan pengadilan terkait kasus hak paten.

Samsung Galaxy S3 dan Note II Dilarang Beredar di Amerika Serikat

Buntut dari kasus hak paten tersebut, akhirnya berhasil dimenangkan Apple. Alhasil Samsung harus membayar sejumlah denda kepada perusahaan yang didirikan Steve Jobs tersebut. Tak hanya menerima sanksi denda saja, ternyata Samsung harus menerima konsekuensi berat mengenai pelarangan penjualan beberapa gadget mereka di Amerika Serikat. Tidak semua smartphone atau perangkat Samsung dilarang beredar di AS, melainkan hanya sebagian saja perangkat yang dilarang edar di negeri Paman Sam, antara lain adalah Samsung Galaxy S3 dan Note II. Kedua smartphone ini dilarang diedarkan karena memiliki fitur yang disengketakan oleh Apple.

Seperti yang diberitakan oleh KompasTekno, hari Kamis (21/1) kemarin, untuk fitur yang disengketakan meliputi fitur Quick Links (mengubah teks URL menjadi hyperlink pada pesan sms), fitur pengunci halaman depan yang mengadopsi ‘Slide to Unlock’, dan juga fitur Autocorrect teks. Kebanyak fitur di atas sudah dipatenkan oleh Apple.

Meski diterpa pelarangan penjualan Samsung Galaxy S3 dan Note II di AS, namun hal ini dinilai oleh banyak analis tidak akan mengganggu penjualan perusahaan asal Korea Selatan tersebut secara signifikan. Karena untuk fitur-fitur yang disengketakan Apple di atas, umumnya hanya ditemui pada perangkat lawas besutan Samsung yang kini sudah tidak diproduksi lagi. Sementara untuk perangkat pintar terbaru, telah meninggalkan fitur di atas untuk digantikan fitur buatan Samsung sendiri.

Tak hanya itu saja, untuk Samsung Galaxy S3 dan Note II saat ini hanya tersedia terbatas di pasaran dan Samsung sudah mulai mengambil langkah untuk menghilangkan fitur yang disengketakan sejak proses persidangan mulai berjalan. Baca juga iPhone 6s Mini Gamblang Terlihat dalam Sebuah Video dan Jelang Rilis Bulan Depan, Penampakan Xiaomi Mi 5 Telah Bocor.

Top