Bosan Antri Saat Belanja? Aplikasi ZipLine Solusinya!

ZipLine, Aplikasi Smartphone yang Digunakan untuk Mengatasi Masalah Antrean – Sebuah perusahaan bernama Cambridge Consultant yang berasal dari Amerika Serikat baru-baru ini mengembangkan aplikasi smartphone ZipLine. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah antrean ketika kita tidak ingin berlama-lama memilih lokasi kasir yang akan mempercepat total belanjaan kita. Aplikasi ZipLine ini bisa digunakan di pusat perbelanjaan, POM bensin atau pun stasiun.

ZipLine, Aplikasi Smartphone yang Digunakan untuk Mengatasi Masalah Antrean

ZipLine pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik pada acara CES 2016 di Las Vegas, 6-9 Januari 2016 lalu. Menurut Cambridge Consultant, ZipLine dapat melihat mana antrean yang paling cepat selesai atau memakan waktu paling singkat.

Bagaimana ZipLine dapat memilih antrean yang waktunya paling singkat? ZipLine memiliki konsep menggabungkan sensor dari jarak jauh yang memanfaatkan sensor inframerah dan teknologi jaringan radio yang disatukan dalam sebuah alat. Alat yang terpasang di sekitar antrean tersebut nantinya akan melacak banyaknya orang dalam satu antrean lewat suhu tubuh yang dikeluarkan. Sehingga banyaknya antrean akan bisa diketahui dengan mudah. Kemudian data yang dihasilkan tersebut akan disampaikan ke smartphone pengguna, sehingga pengguna bisa langsung mengetahui mana antrean yang akan cepat selesai dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Perusahaan di balik ZipLine juga mengklaim, tidak ada masalah privasi dari sekitar data yang ditangkap karena tidak memperoleh data identifikasi pelanggan.

Saat ini teknologi aplikasi ZipLine memang masih dikembangkan oleh Cambridge Consultant dan untuk bisa digunakan masih membutuhkan waktu yang lama. Tidak hanya itu Cambridge Consultant juga sedang melakukan kerja sama dengan banyak pusat-pusat perbelanjaan. Dengan harapan agar Cambridge Consultant dapat memasang teknologi ZipLine ini di banyak tempat sehingga ke depannya orang bisa melakukan transaksi di suatu pusat perbelanjaan tanpa melalui antrean panjang. Dengan adanya teknologi ini, ZipLine juga bisa menyarankan pengguna untuk mengantre di tempat lain yang tidak memakan waktu lama.

Adanya aplikasi ZipLine ini bisa menjadi pembeda di sektor ritel yang semakin kompetitif. Konsep ZipLine ini megambil pendekaran desain sehingga dapat menemukan pengecer keunggulan kompetitif dengan mengubah pengalaman pelanggan.

 

 

Top