Apple Watch Kini Bisa Jadi Pengendali Drone

Apple Watch Kembangkan Fitur Pengemudi Drone – Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju secara pesat menjadi salah satu penyebab terciptanya sebuah perangkat pintar wearable. Apabila sebelumnya perangkat pitar hanya ada pada gadget seperti smartphone saja, kini aneka wearable device mulai bermunculan dari jam pintar, gelang pintar hingga cincin pintar. Apabila kita ketahui, salah satu vendor yang telah sukses dengan produk jam pintarnya adala Apple  yang melambungkan nama Apple Watch. Berbeda dengan jam pintar yang memiliki fungsi pada umumnya, kali ini Apple Watch telah berhasil dikembangakan untuk menambah fungsi baru yaitu untuk mengandalikan laju drone atau pesawat tanpa awak.

apple-watch-kembangkan-fitur-pengemudi-drone

Berdasarkan informasi Ubergizmo yang dilansir dari halaman techno.okezone, Selasa (05/01/2016) menyatakan bahwa seorang peneliti di Taiwan telah menemukan cara berbeda untuk mengontrol drone menggunakan Apple Watch. Pengontrolan yang dilakukan peneliti tersebut seperti menggunakan Force, kekuatan yang ada dalam film Star Wars untuk mengemudikan drone.

Peneliti, menulis sebuah algoritma yang memungkinkan untuk mengemudikan drone dari jarak jauh dengan memanfaatkan Apple Watch. Untuk melakukan penelitian ini, rupanya mereka telah menghabiskan waktu selama 18 bulan hingga aplikasi tersebut selesai secara utuh. Kali ini, penelitit telah optimis bahwa algoritma tersebut bisa mulai diinstall pada perangkat apapun untuk memberi kemampuan yang sama.

Mark Ven, yang mendirikan peneliti PVD+ pada tahun 2013 lalu tersebut juga memperlihatkan cara mengarahkan gerakan tangan untuk mengendalikan drone menggunakan Apple Watch. Saat itu yang dilakukan uji coba adalah Parrot AR Drone 3.0. Dengan menggerakkan tangan sesuai arahan, smartwatch kemudian mengirimkan sinyal tepat pada drone yang diterbangkan.

Rupanya bukan hanya drone saja. Metode serupa juga dikembangkan untuk melakukan pengontrolan terhadap bola seperti yang ada pada BB-8, droid di film Star Wars. Bahkan tim juga telah memamerkan pengendalian dengan gesture juga bisa digunakan untuk mengendalikan lampu.

Namun, hingga saat ini PVD+ masih belum membeberkan akan rencana peluncuran dan produksi untuk komersial penggunaan teknologi ini, dengan kata lain penggunaan hanya bisa dinikmati oleh PVD+ secara pribadi.

Sejauh ini konsep telah berjalan dengan baik sesuai ekspektasi. Baca juga Samsung Produksi Chip Bio-Processor yang Bisa Deteksi Kesehatan Tubuh dan Smart Ring, Perangkat Pintar Terbaru Samsung

Top