Akhirnya, Microsoft “Bunuh” Windows 8!!

Microsoft Resmi Menghentikan Dukungan Keamanan untuk Windows 8 – Kabar tidak mengenakkan bagi pengguna setia sistem operasi Windows 8. Pasalnya, pada hari Kamis 13 Januari 2016 secara resmi Microsoft telah membunuh Windows 8 dengan cara menghentikan dukungan keamanannya pada sistem operasi tersebut. Padahal banyak pengguna yang masih tetap menggunakan OS Windows 8. Bagi kamu yang sedang menggunakan Windows 8, sebaiknya segera lakukan update OS sebelum terlambat.

Microsoft Resmi Menghentikan Dukungan Keamanan untuk Windows 8

Mungkin masih banyak yang berpikiran “bukankah Windows 8 masih baru? Dan bukannya Microsoft selalu memberikan waktu hingga 10 tahun sebelum menghentikan update keamanan sistem operasinya?”  Terkait pertanyaan tersebut, sebenarnya Windows 8.1 adalah versi penyempurnaan lebih lanjut dari Windows 8. Tetapi diantara kedua OS milik Microsoft ini, terdapat perbedaan yang cukup besar.

Windows 8.1 adalah sistem operasi yang lebih sempurna dibandingkan dengan Windows 8 sehingga Microsoft menyarankan untuk beralih ke Windows 8.1 atau Windows 10. Bahkan Windows 8.1 juga akan diakhiri dukungan keamanannya dalam beberapa tahun lagi. Sekitar tahun 2023 Windows 8.1 juga akan mengakhiri dukungan keamanannya.

Microsoft tidak akan lagi merilis update yang berisi patch keamanan untuk windows 8. Hal ini dapat diartikan bahwa setiap kerentanan atau bug baru yang muncul bisa menjadi senjata hacker untuk meretas komputer yang berjalan dengan Windows 8. Seperti yang kita ketahui bahwa microsoft mengakui kegagalannya pada windows 8. Demi keamanan komputer, sebaiknya pengguna Windows 8 disarankan untuk segera minginstall ulang Windows 8.1 versi Update terbaru. Termasuk untuk pengguna yang masih menggunakan Windows 8.1 versi biasa. Karena untuk Windows 8.0 dan Windows 8.1 sudah tidak lagi bisa menerima dukungan update dari Microsoft.

Menurut data yang ada, sampai saat ini hampir 2,76 persen komputer di seluruh dunia atau sekitar 41 juta pengguna masih menggunakan Windows 8.0. Jumlah tersebut sebanding dengan pengguna OS X ‘El-Capitan’ milik Apple Mac. Sama seperti kasus yang sudah pernah ada sebelumnya yaitu kasus Windows XP, pada kasus Windows 8 ini juga sama dimana masih banyak pengguna yang tidak mengindahkan penghentian dukungan OS Windows 8 dari Microsoft. Meski sudah tidak menerima patch keamanan sejak tanggal 8 April 2014 lalu, satu dari 10 komputer di dunia masih tetap menggunakan Windows XP.

Top