Yahoo Dijual, Ada yang Berminat?

Yahoo Dikabarkan Akan Dijual – Yahoo merupakan sebuah perusahaan internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan dikenal karena portal webnya serta kegunaannya sebagai mesin pencari. Kabar yang beredar, perusahaan ini berencana akan menjual bisnis internet yang akhir-akhir ini lesu.

Yahoo Dikabarkan Akan Dijual

Sejumlah jajaran direksi dan pemegang saham terbesar Yahoo telah mengosongkan jadwal mereka selama tiga hari karena akan mengadakan rapat untuk membahas masalah tersebut. Mulai hari Rabu (2/12/2015) sampai hari Jumat (4/12/2015) mendatang rencananya akan digelarnya rapat. Dalam rapat ini agenda yang dibahas yaitu mengenai rencana penjualan saham ke Alibaba. Alibaba sendiri adalah sebuah perusahaan internet di China. Saat ini investasi Yahoo di Alibaba ditaksir senilai 30 miliar dollar AS. Selain itu dalam rapat tersebut juga akan dibahas mengenai calon pembeli yang berminat terhadap bisnis internet Yahoo.

Bisnis inti Internet Yahoo saat ini meliputi layanan populer seperti Yahoo Mail dan situs berita. Bisnis ini sebenarnya bisa menarik perhatian ekuitas swasta, media, atau perusahaan telekomunikasi. Dari pihak Yahoo sudah berusaha untuk meningkatkan perusahaan mulai dari mendorong iklan mobile, video, dan media sosial. Tetapi langkah tersebut dinilai belum sukses karena semakin banyak saingannya. Saingan terberat Yahoo dalam bisnis iklan digital adalah Facebook dan Google.

Selain itu, akhir-akhir ini kemajuan bisnis Yahoo di bawah kendali CEO Marissa Mayer mengalami penurunan drastis.Langkah Mayer mengakuisisi situs blog Tumblr senilai US$ 1,1 miliar pada 2013 juga dikritik para pemegang saham lantaran tidak memberi keuntungan. Tumblr menambahkan basis pengguna Yahoo sebanyak 1 miliar tetapi tidak membawa iklan. Itulah pemicu diadakannya rapat. Tidak hanya dihadiri oleh jajaran direksi dan pemegang saham terbesar saja, tetapi rapat ini juga akan dihadiri beberapa perusahaan ekuitas swasta.

Kemajuan dari perusahaan ini sangat diharapkan bagi semua pihak yang terkait dengan Yahoo, kemungkinan dari pihak Yahoo sendiri akan melanjutkan upaya agar perusahaannya bisa tetap bertahan di dunia maya ini dan bisa kembali jaya seperi tahun-tahun sebelumnya.

Top