Xiaomi MI 4 Resmi Gunakan Windows 10

Xiaomi MI 4 Dilengkapi dengan Windows 10 – Lin Bin, Presiden sekaligus pendiri dari Xiaomi telah membeberkan informasi terbaru tentang produk buatannya. Kali ini, Lin Bin memposting sebuah foto melalui akun Weibo dengan menunjukkan sistem operasi Microsoft Windows 10 untuk Xiaomi Mi 4 akan resmi diluncurkan hari ini 3 Desember 2015.

Xiaomi MI 4 Dilengkapi dengan Windows 10

Kehadiran Microsoft Windows 10 untuk Xiaomi memang agak lambat, pasalnya kedua perusahaan Xiaomi dan Microsoft sebelumnya telah menandatangani surat perjanjian kerjasama sejak 10 bulan yang lalu. Di dalam perjanjian tersebut dijelaskan bahwa Windows 10 Technical Preview akan tersedia di perangkat mi4.

Sebenarnya Mi4 bukanlah produk buatan Xiaomi pertama yang menawarkan sistem operasi buatan Microsoft. Mi Pad 2 yang baru-baru ini diluncurkan ternyata juga menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya. Tablet 8 inch besutan Xiaomi itu muncul dalam dua versi, yaitu Android dan Windows 10 dengan harga yang terbilang murah. Hanya USD 205 saja untuk bisa membawa pulang Mi Pad 2. Selain Mi Pad 2 dan Mi4, kabarnya Xiaomi Note Pro juga akan menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 10 juga.

Xiaomi 4 awalnya diumumkan di China pada Juli 2014 lalu. Ponsel ini dibalut dengan casing berwarna putih dan terlihat sangat elegan. Dibekali dengan layar seluas 5.0 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixels, sehingga layar Xiaomi MI 4 mampu menciptakan kerapatan layar ~441 ppi pixel density. Layar Xiaomi Mi 4 ini mengusung teknologi HD IPS yang mampu menghasilkan varian warna hingga 16 juta varian. Ponsel ini didukung oleh chipset quad-core Snapdragon 801 dan dibekali 3GB RAM serta 16GB/64GB untuk penyimpanan internalnya.

Dari segi kameranya, Xiaomi MI 4 ini memilki kamera utama dengan resolusi 13 MP yang dapat menghasilkan gambar beresolusi 4128 x 3096 pixels ditunjang dengan fitur autofocus, dual-LED flash yang akan menyempurnakan hasil bidikan saat digunakan di tempat minim cahaya. Ponsel ini juga berkemampuan merekam momen dengan video beresolusi mencapai 2160p@30fps, 1080p@30fps, 720p@120fps dengan mode HDR.

Dengan adanya kerja sama ini, Microsoft yang sebelumnya dianggap sebagai sistem operasi yang jarang digunakan ini banyak memperoleh keuntungan. Tapi untuk Xiaomi sendiri belum jelas keuntungan apa yang akan diperolehnya. Sekarang ini, Xiaomi memang menjadi salah satu vendor smartphone yang diperhitungkan setelah sukses dengan jajaran smartphone buatannya yang memiliki harga yang relatif terjangkau. Xiaomi juga dikenal dengan UI miliknya, MIUI. Meskipun begitu, tampaknya Xiaomi sedang berusaha untuk mencoba sebuah hal baru dalam hal software.

Top