Wow, Google Maps Telah Dukung Pemetaan Lokasi Indoor!

Fitur Indoor Google Maps Bisa Lakukan Pemetaan Lokasi Dalam Gedung di Indonesia – Mencari letak sebuah lokasi yang berada di bangunan atau gedung yang sangat besar dengan jumlah lantai yang mencapai sekian ratus, memang tak kalah sulit dibandingkan dengan mencari lokasi secara outdoor di jalanan. Kini, Google Maps Indonesia telah beri fitur Indoor Maps untuk mecari lokasi-lokasi yang terdapat di dalam gedung-gedung besar tersebut.

fitur-indoor-google-maps-bisa-lakukan-pemetaan-lokasi-dalam-gedung-di-indonesia

Dengan adanya fitur Indoor Maps ini, memang akan sangat mempermudah seseorang dalam menacri letak suatu ruangan. Mengingat seringkali pendatang baru, turis ataupun siapa saja yang belum mengetahui seluk-beluk suatu gedung mengalami kesulitan bahkan terkadang bingung dengan ruangan yang jumlahnya sangat banyak di dalam gedung tersebut. Akhirnya solusi permasalah ini telah hadir di Indonesia.

Seperti yang dikatakan oleh Nikhil Vaishnavi selaku Product Manager Google Maps, sebagaimana dilansir dari halaman Kompas Tekno, Kamis (10/12/2015),”Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna di Indonesia, baik turis maupun masyarakat setempat,”.

Fitur Indoor Maps ini akan dapat memberikan informasi pemetaan lokasi secara detail dari setiap lantai dalam sebuah gedung. Pengguna nantinya akan dapat melihat letak dari setiap tempat seperti ATM, toilet, took. Hal ini akan sangat membantu apabila petugas pengelola gedung tersebut sedang tidak ada di tempat.

Secara detail, denah lantai akan muncul otomatis pada saat pengguna melakukan pembesaran atau zoom in di gedung tempat pengguna berada. Sama seperti Maps biasanya, pada saat pengguna berpindah tempat, Maps juga akan secara otomatis memperbarui lokasi pengguna saat itu.

Vaishnavi kemudian menambahkan, dengan menyambut liburan akhir tahun diharapkan fitur tersebut akan memberikan pengalaman baru khususnya bagi turis yang hendak menikmati liburannya di Indonesia.

Langkah proses awal, Indoor Maps ini telah mencakup sebanyak 60 tempat di 13 kota di Indonesia.

Gedung-gedung yang telah tercakup tersebut memang masih sedikit dan terbatas, namun para pemilik gedung akan bisa membantu proses penambahan jumlah detail dari setiap tempat dengan mengunggah floorplan propertinya masing-masing.

Kini fitur tersebut baru dapat diakses oleh pengguna perangkat dengan platform Android, untuk pengguna dengan software lain menunggu giliran untuk mendapatkan fitur ini.

Sementara ini, untuk tempat-tempat yang tercakup Indoor Maps yaitu Bandara, Gedung Pertemuan, Pusat Perbelanjaan, Museum, serta Universitas. Namun, tempat-tempat tersebut juga masih terbatas di beberapa wilayah tertentu saja, masih belum merata untuk tempat sejenis di seluruh Indonesia. Baca juga Google Maps bisa digunakan tanpa koneksi internet dan Fitur Terbaru Google Maps iOS Mampu Beritahu Kemacetan

 

Top