Wow, Divisi Sensor Kamera Thosiba Dijual Rp 2,2 Trilliun!!!

Sensor Camera Thosiba Dibeli Sony – Setelah menjadi rumor yang tidak jelas, akhirnya Thosiba mengumumkan secara resmi pada akhir Oktober 2015 lalu bahwa divisi sensor kamera CMOS miliknya bakal dibeli Sony. Penjualan divisi tersebut dilakukan Thosiba untuk memulihkan keuangan perusahaan karena skandal penggelapan dana 1,3 milliar dollar AS selama tujuh tahun.

Sensor Camera Thosiba Dibeli Sony

Saat itu, nilai akuisisi antara Sony dan Thosiba tidak disebutkan. Tapi menurut kabar yang berhembus, nilai akuisisi ini sebesar 165 juta dollar AS atau setara dengan Rp 2,2 triliun. Nilai tersebut akan dibayarkan Sony kepada Thosiba. Jika keduanya telah sepakat dan menyetujui, maka Sony akan mendapatkan beberapa fasilitas diantaranya adalah fasilitas pabrik, perlengkapan, karyawan Thosiba yang berada di Oita, kota dimana letaknya di bagian selatan Jepang. Karyawan Thosiba saat ini mencapai 1.100 orang.

Rencananya pada bulan Maret 2016 mendatang, kesepakatan di antara kedua perusahaan tersebut akan selesai. Sebelumnya Sony menyatakan akan membuat sebuah perusahaan spin-off yang ditugaskan untuk mengurusi bisnis sensor gambar. Dengan bergabungnya divisi Thosiba ini maka teknologi yang dimiliki Sony akan semakin kuat dan menegaskan bahwa Sony akan mendominasi pasar sensor kamera.

Sony juga menjelaskan bahwa perusahaannya akan semakin kuat di masa depan dengan berkurangnya satu pesaing, yaitu Thosiba. Sekarang ini pesaing Sony dalam hal sensor hanya tinggal Canon, Samsung, Fuji dan Panasonic. Canon sedang mengembangkan sensor 250MP APS-H, sementara Samsung diberitakan akan membunuh seri kamera NX (Samsung Nx1) yang sebenarnya produk yang sangat menarik dari berbagai reviewer. Fuji dan Panasonic sedang mengembangkan sensor organik bersama.

Dalam hal sensor kamera, Sony memang dipercaya kredibel oleh beberapa vendor kenamaan.Divisi itu pula yang cukup besar berkontribusi pada pendapatan Sony secara keseluruhan. Sony sendiri merupakan salah satu pemain besar untuk bisnis sensor gambar. Sony memiliki sekitar 40 persen pangsa pasar, sementara itu untuk Toshiba hanya punya 2 persen saja. Bagi Toshiba, keputusan untuk menjual divisi bisnis tersebut juga dijadikan momen untuk restrukturisasi perusahaannya. Toshiba akan lebih fokus ke bisnis memori flash NAND.

 

Top