Wow, Apple Siapkan Format Audio Berkualitas Tinggi Tahun Depan!!

Apple Menyiapkan Format Audio Berkualitas Tinggi – Kabar terbaru datang dari Apple, dimana perusahaan dengan logo apel tergigit ini akan mengembangkan sebuah format audio streaming berkualitas tinggi. Kabar ini muncul berkat sumber industri yang berbicara kepada Mac Otakara pada saat Portable Audio Festival di Tokyo pekan ini. Kemunculan audio streaming berkualitas tinggi ini akan dimulai pada tahun 2016 mendatang.

Apple Menyiapkan Format Audio Berkualitas Tinggi

Dengan adanya kabar tersebut, banyak produsen perlengkapan audio juga mempersiapkan kabel Lightning yang akan digunakan sebagai antisipasi bergeraknya Apple terhadap pengingkatan kualitas audio. Sebenarnya, sudah sejak lama Apple ingin memperkenalkan format audio berkualitas tinggi untuk iTunes Store dan kemungkinan untuk Apple Music juga. Hampir satu setengah tahun yang lalu, blogger musik Robert Hutton mengklaim Apple telah bekerja untuk menggulirkan audio beresolusi tinggi untuk iTunes Store. Selain itu juga diketahui bahwa Lightning port yang ada di tiap iPhone versi 5 ke atas ternyata sudah mendukung transfer audio berkualitas tinggi. Oleh karena itu, tidak sedikit pihak yang merasa bahwa Apple memang sudah mempersiapkan hal tersebut.

Format Audio berkualitas tinggi tersebut dikabarkan akan tersedia untuk pendaftar layanan Apple Music mulai tahun 2016 mendatang dan nantinya akan memiliki frekuensi 96kHz/24bit. Frekuensi ini jelas lebih tinggi dibandingkan frekuensi CD yang hanya mencapai 44.1kHz/16 bit. Meskipun format audio berkualitas tinggi, tetapi masih ada banyak kendala yang muncul. Diantaranya yaitu ukuran file yang terlalu besar dan masalah koneksi internetnya harus stabil karena ketika format itu diperdengarkan melalui layanan streaming dan koneksinya tidak stabil maka akan terganggu ketika mendengarkannya.

Saat ini format audio berkualitas tinggi adalah FLAC. Hanya saja, FLAC tidak dapat dimainkan di perangkat pemutar musik besutan Apple, iPod. Jadi, dengan rencana ini tidak tertutup kemungkinan bahwa Apple akan berusaha menyediakan alternatif format audio berkualitas tinggi bagi para pengguna perangkat berlogo apel tersebut. Dan untuk kehadiran format audio berkualitas tersebut akan hadir secara universal atau tidak, kemungkinan tidak karena Apple sifatnya ekslusif dengan tetap mempertahankan kualitas terbaiknya.

Top