Woow, Kini Kesehatan Tubuh Bisa Terdeteksi dengan Sebuah Chip!

Samsung Produksi Chip Bio-Processor yang Bisa Deteksi Kesehatan Tubuh – Setelah beberapa waktu santer terdengan processor buatan Samsung, kali ini kabar gembira telah hadir. Samsung telah secara resmi mengumumkan bahwa processor tersebut telah mulai diproduksi secara komersial. Rupanya chip processor tersebut  memiliki fungsi yang istimewa. Benarkah?

samsung-produksi-chip-bio-processor-yang-bisa-deteksi-kesehatan-tubuh

Apabila selama ini sebuah perangkat wearable seperti gelang pintar hanya bisa dimanfaatkan untuk bidang kebugaran seperti pengukuran langkah kaki dan pengukuran jumlah denyut jantung, maka apabila sebuah gelang pintar dipasangi dengan Bio-Processor maka wearable gelang tersebut akan memungkinkan pengguna untuk bisa mendapatkan fungsi deteksi lainnya seperti pengukuran lemak tubuh, massa otot, suhu kulit dan juga tingkat stress yang diderita pengguna.

Untuk konsepnya sendiri, Bio-Processor Samsung ini melakukan integrasi bagian ujung analog depan, processor sinyal digital, sirkuit manajemen daya, mikrokontroler dan eFlash.

Dengan adanya serangkaian hal tersebut, maka menjadikan perangkat yang menerapkan Bio-Processor bisa bekerja secara mandiri artinya tidak memerlukan komponen eksternal lain  kecuali sensor. Yang lebih menarik, apabila komponen diskrit digunakan untuk fungsi yang sama, maka chiptersebut akan mengambil ruang empat kali lebih banyak.

Berdasarkan informasi The Verge yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Kamis (31/12/2015) menyatakan bahwa dengan dimulainya produksi secara massal maka diprediksi pada paruh kedua tahun 2016 nanti akan mulai bermunculan berbagai gelang pintar yang mengusung teknologi chip buatan Samsung ini.

Selain itu, Samsung juga memberi penawaran referensi desain bagi perusahaan-perusahaan lain yang berniat untuk menciptakan wearable device dengan menanamkan chip tersebut.

Bio-processor juga memungkinkan digunakan untuk perangkat lain selain gelang pintar seperti jam pintar atau inovasi baru dnegan lembaran-lembaran sensor yang membentuk seperti “koyo”.

Meskipun kabat peroduksi massal telah turun, tetapi para pengguna masih harus bersabar lagi menunggu waktu beberapa bulan mendatang untuk dapat menyaksikan langsung bentuk asli dari chip ini dan ditanamkan pada perangkat yang siap digunakan oleh pengguna.

Kehadiran chip ini juga mnejadi bukti bahwa Samsung memang semakin eksis bergelaut di dunia produksi hardware, bukan hanya produksi peracikan gadget saja. Baca juga Chipset Exynos 8870 Dirancang Samsung Khusus untuk Klien Pihak Ketiga? dan Smart Ring, Perangkat Pintar Terbaru Samsung

Top