Untuk SMS dan Telepon Ponsel ‘Jadul’ Lebih Oke Daripada Smartphone

Penelitian Membuktikan Kinerja SMS dan Telepon Ponsel Jadul Lebih Baik – Dewasa ini perkembangan industri smartphone memang tidak bisa dibendung lagi. Banyak konsumen yang memburu gadget canggih serta menyingkiram gadget lawas mereka yang dinilai sudah tidak layak pakai. Namun ternyata jangan salah, untuk urusan beberapa performa justru gadget kuno atau jadul yang pernah hits pada masanya, memiliki kinerja lebih baik dibandingkan dengan smartphone masa kini yang telah berteknologi tinggi serta harga yang jauh lebih mahal.

Untuk SMS dan Telepon Ponsel ‘Jadul’ Lebih Oke Daripada Smartphone

Terungkap dalam penelitian yang baru-baru ini berhasil membuktikan fakta bahwa smartphone modern yang ada sekarang ini, tidak mampu menawarkan kinerja lebih baik ketimbang basic ponsel atau ponsel ‘jadul’ yang berusia paling tidak 10 tahun lebih tua.

Dilansir dari Dailymail, hari Jumat (11/12), sebuah regulator industri Ofcom, melakukan studi penelitian yang berhasil membuka fakta jika ponsel jadul dari masa lalu memberikan kinerja lebih baik dibandingkan gadget canggih masa kini. Perihal kinerja sinyal panggilan, serta pengiriman teks atau sms, ponsel jadul jauh lebih baik bahkan melawan Apple atau Samsung yang memiliki spesifikasi lebih canggih.

Dalam pengujian yang dilakukan Ofcom, juga mengindikasikan meskipun saat ini smartphone dikemas dalam teknologi lebih canggih, ternyata smartphone masih memiliki sebuah kelemahan berupa penangkapan sinyal. Dalam hal penerimaan sinyal, ponsel jadul masih lebih baik dari smartphone.

Ofcom juga menyatakan jika beberapa smartphone yang menjadi obyek penelitiannya, memerlukan sepuluh kali sinyal lebih kuat dibandingkan ponsel biasa untuk bisa menerima atau melakukan panggilan telepon. Rata-rata smartphone canggih, perlu sinyal paling tidak tujuh kali lebih kuat dibandingkan dengan ponsel biasa terutama dalam jaringan 2G. Smartphone di jaringan 3G juga cukup buruk, dimana pada jaringan 3G smartphone membutuhkan sinyal sembilan kali lebih kuat dari level terendah yang direkomendasikan oleh GSMA. Begitupun pada jaringan 4G yang memerlukan tujuh kali kekuatan sinyal.

Dari temuan Ofcom, menyimpulkan memang kaca dan logam yang banyak digunakan di smartphone bertentangan dengan plastik yang biasa digunakan di smartphone. Soal smartphone apa yang menjadi obyek penelitiannya, Ofcom enggan membeberkan.

“Kami menguji sejumlah kecil dari ponsel, tidak untuk peringkat tetapi untuk memahami bagaimana handset dilakukan dalam situasi yang berbeda,” ungkap sumber internal Ofcom. Baca juga Google Pasarkan Seri Nexus 6P di Malaysia dan Apple Sediakan Aksesori Casing Powerbank Buat iPhone 6 dan 6S.

Top