TKDN Diberlakukan, Infinix Bakal Ikut Produksi Lokal di Tahun 2016!

Infinix Note 2 Belum Memenuhi TKDN –  Beberapa Waktu yang lalu, Infinix telah resmi merilis produk terbarunya di Indonesia yaitu Infinix Note 2. Namun, rupanya ponsel dengan fitur teknologi 4G LTE ini masih melakukan impor secara utuh. Sama sekali belum menerapkan standar Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang telah diberlakukan di Indonesia. Lalu, bagaimana dengan peraturan TKDN terkait pemasaran Infinix Note 2 tersebut?

infinix-note-2-belum-memenuhi-tkdn

Anis Thoha Manshur, Country Marketing Manager Infinix Indonesia mengungkapkan bahwa sebetulnya Infinix Note 2 telah mengajukan TKDN bahkan sejak aturan TKDN tersebut masih dalam masa diskusi. Untuk itulah pihak Infinix sendiri masih mendapatkan izin pemasaran dari produk impor secara utuh bagi Infinix Note 2.

Pihak Infinix juga menambahkan bahwa mereka hendak melakukan perakitan secara lokal di Indonesia mulai tahun 2016 mendatang.

Hal tersebut seperti yang diterangkan Anis dalam kutipan dari Kompas Tekno, Jumat (11/12/2015),”Kebetulan kami sudah mengajukan (Note 2) sejak lama, ketika aturan TKDN 4G masih dalam diskusi. Ini terakhir yang masih utuh impor,” begitulah keterangan dari Anis pada saat peluncuran Note 2 hari Kamis lalu.

Kemudian ia menambahkan,”Untuk tahun depan, kami sudah siap-siap mengadopsi TKDN dari sekarang. Infinix sudah mengunjungi beberapa manufaktur lokal untuk menjajaki kerjasama memenuhi TKDN,”.

Memang rencana tersebut telah dipersiapkan oleh vendor asal Hongkong tersebut dengan matang. Pasalnya, selalin telah menjajaki beberapa manufaktur dalam negeri Infinix juga menyatakan akan mendirikan kantor representatif di Indonesia. Berdasarkan informasi, kantor tersebut rencananya akan mulai dibuka pada akhir Desember 2015 atau awal Januari 2016 mendatang.

Seperti yang telah diketahui bahwa peraturan TKDN diberlalukan untuk mensyaratkan bagi perangkat dengan fitur teknologi 4G LTE di Indonesia harus memiliki kandungan produksi lokal sebesar 30 persen dan dipastikan akan mulai efektif berlaku pada tahun 2017 mendatang. Sehingga bagi produk-produk asing yang hendak memasarkan produk dengan teknologi 4G LTE di Indonesia mulai saat ini harus memenuhi syarat tersebut.

Pada peraturan TKDN ini, telah memperhitungkan dua hal yaitu terkait hardware dan software. Sedangkan untuk peraturan kualifikasi secara detailnya masih dalam penyusunan oleh Kementerian Perindustrian.

Beberapa contoh produsen yang telah memenuhi TKDN tersebut adalan Lenovo dan Samsung. Baca juga Infinix Note 2 Resmi Dirilis di Indonesia dengan Berbagai Kelebihan dan 16 Merek Ponsel yang Sudah Penuhi TKDN 20 Persen

 

Top