Tatap Masa Depan, Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram Touchscreen

Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan – Teknologi hologram selama ini lebih dikenal sebagai obyek tiga dimensi yang tidak bisa disentuh. Tetapi hal tersebut tampaknya akan berubah, dimana sekumpulan ilmuwan yang berasal dari Jepang telah mengembangkan sebuah inovasi untuk teknologi hologram yang bisa disentuh manusia layaknya hologram di masa depan.

Tatap Masa Depan, Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram Touchscreen

Untuk merealisasikan hal tersebut, ilmuwan menggunakan sebuah rancangan teknologi yang bernama laser femtosecond yang kemudian dikembangkan sebuah sistem Fairy Light, yaitu sistem yang dapat memancarkan laser berfrekuensi tinggi, dengan kecepatan mencapai satu per satu juta miliar dalam satu detik.

Canggihnya dengan sistem teknologi tersebut, membuat sinar laser ini bisa disentuh oleh manusia, sekaligus piksel hologramnya dapat dimanipulasi di udara. Untuk saat ini teknologi tersebut masih dalam tahap pengembangan di University Center for Optical Research and Education.

Diterangkan di laman Headlines Pulse, beberapa hari yang lalu, saat disentuh di permukaan hologram tersebut akan memberikan sensasi seperti sedang memegang kertas amplas yang memiliki permukaan keras dan kasar. Dengan adanya penemuan ini, diharapkan dapat membuka perkembangan inovasi dan teknologi ke depannya. Hingga suatu hari nanti, manusia mulai bisa berinteraksi antara satu sama lain lewat sebuah hologram layaknya film-film bergenre science fiction atau Sci-Fi.

“Jika sebuah gambar visual berformat tiga dimensi dimunculkan dan Anda bisa menyentuhnya, Anda bisa membuat suatu ilustrasi visual lain menjadi lebih nyata,” ucap Tsukuba, salah satu peneliti dari University Center for Optical Research and Education, dikutip dari Autotekno Sindonews, hari Sabtu (12/12).

Untuk ke depannya, hasil inovasi ilmuwan Jepang ini juga semakin memungkinkan untuk penciptaan keyboard komputer yang terbuat dari komposisi cahaya, bahkan beberapa tahun mendatang pengguna juga bisa melakukan sebuah aktivitas video chat dengan cara sentuhan virtual bersama lawan bicaranya. Teknologi hologram memang suatu teknologi yang mulai gencar dikembangkan belakangan ini oleh beberapa ilmuwan, bahkan dari hari ke hari teknologi hologram terus berkembang dari yang tidak bisa disentuh menggunakan tangan kini bisa disentuh. Teknologi hologram juga jelas akan menjadi elemen penting dalam dunia virtual di masa depan yang saat ini mulai dipersiapkan. Baca juga Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Mobile Hentikan Kecanduan Rokok dan Facebook at Work, Layanan Facebook Profesional Bakal Segera Hadir.

Top