Tak Hanya Android, iOS Juga Rentan Serangan Malware Berbahaya

iOS Ternyata Juga Rawan Serangan Malware – Tidak hanya sistem operasi Android saja yang rawan terkena serangan malware berbahaya, ternyata sistem operasi besutan Apple yakni iOS juga rentan terhadap serangan virus malware merugikan. Padahal selama ini banyak yang menganggap jika sistem operasi rancangan Apple tersebut adalah OS yang paling aman dari serangan virus. Tetapi hal berbeda diungkapkan oleh Trend Micro Q3 2015, yang membeberkan jika platform iOS juga memiliki kelemahan yang sama dengan Android. Apalagi dewasa ini virus malware semakin berkembang.

Tak Hanya Android, iOS Juga Rentan Serangan Malware Berbahaya

iOS selama ini menyatakan paling aman karena mengusung close platform sehingga dapat mengontrol semua, tapi ternyata ada kerentanan di Xcode,” kata Andreas Kagawa, Country Manager, kepada Antara News, Jumat, 11 Desember 2015, dikutip dari TeknoTempo (12/12).

Sekedar informasi, Xcode merupakan sebuah development tools yang biasanya digunakan oleh para programmer yang membuat aplikasi untuk perangkat iOS. Nah di dalam Xcode inilah peretas bisa menemukan celah keamanan yang mungkin tidak disadari oleh pengembang platform.

“Hacker memasukkan malware di Xcode yang biasa disebut Xcode Ghost. Xcode tersebut dipalsukan, padahal Xcode dipakai banyak developer untuk membangun aplikasi,” ujarnya. “Bahkan gara-gara Xcode tersebut terdapat ratusan ribu aplikasi yang ditarik dari App Store,” tambah Andreas lebih lanjut.

Fakta mengejutkan juga datang dari Andreas yang mengatakan jika iOS sudah dimasuki oleh malware, maka hal tersebut lebih berbahaya daripada Android yang terkena malware. Mengapa bisa begitu?

“Android biasanya menyerang baterai yang bertujuan merusak smartphone, tapi di iOS dapat mencuri data. Bayangkan pengguna menggunakan iPhone untuk corporate data, data akan tercuri,” ucapnya.

Andreas lantas menyebutkan jika di perangkat bersistem operasi Android, celah keamanan biasanya ditemukan di Media Server. Sementara Media Server sendiri adalah program khusus Android yang memungkinkan antara pengguna satu dengan yang lainnya dapat berbagi file misalnya music, foto, gambar, dan lain sebagainya, bahkan untuk smartTv, Xbox, dan PS.

“Ternyata Media Server ditemukan kerentanan. Media Server bisa menipu pemilik smartphone untuk menginstal program yang justru ternyata merupakan software yang berbahaya,” pungkasnya. Baca juga Oukitel K10000 Hadir dengan Baterai Berkapasitas 10.000 mAh dan Xiaomi Luncurkan Redmi Note 2 Prime untuk Pasar Gadget India.

Top