Stasiun TV Tiongkok Perkenalkan Robot Pembaca Berita

Di Tiongkok, Robot bisa Jadi Pembaca Berita TV – Saat ini perkembangan dunia robotika memang tengah berkembang pesat. Bahkan robot bukanlah hal yang benar-benar baru lagi dalam kehidupan manusia, dimana banyak perusahaan teknologi dunia menciptakan robot demi memudahkan pekerjaan manusia sehari-hari. Yang terbaru, di sebuah stasiun berita TV Tiongkok, ada seorang robot yang didaulat membacakan berita mengenai informasi cuaca kepada pemirsa.

Stasiun TV Tiongkok Perkenalkan Robot Pembaca Berita

Dilansir dari Liputan6.com, Kamis (31/12), robot pintar yang diberi nama Xiaoice ini dibekali dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang diprogram bisa menyampaikan informasi perkiraan cuaca saat siaran live.

Kemudian, meskipun sudah diplot sebagai pembaca berita cuaca, namun Xiaoice ternyata saat ini masih dalam masa pelatihan atau trainee. Dalam masa pelatihan yang ditempuhnya tersebut, Xiaoice harus melakukan pekerjaan sebagai pembaca berita informasi cuaca tiap harinya dalam siaran tv. Diketahui otak Xiaoice didukung oleh software yang dikembangkan Microsoft, lewat teknologi yang dinamakan smart cloud dan terintegrasi dengan big data.

Uniknya debut Xiaoice yang dimulai pada acara Morning News hari Selasa (29/12) kemarin sempat mengundang keraguan dari pemirsa. Banyak pemirsa yang tidak yakin jika Xiaoice bisa menjadi pembaca berita yang baik.

Begitupun dengan beberapa kalangan masyarakat, banyak yang mengecam stasiun TV Tiongkok dalam memperkerjakan Xiaoice. Hal ini dikhawatirkan di masa mendatang teknologi robot bisa mengancam karir pembawa berita sungguhan. Bahkan dari informasi yang beredar, kini mulai banyak pembaca berita cuaca yang harus kehilangan pekerjaannya dan mulai tergantikan dengan kehadiran robot yang dinilai lebih menjual. Kendati petinggi perusahaan juga menjamin jika keberadaan robot seperti Xiaoice, tidak akan mempengaruhi nasib pekerjaan mereka. Bagi beberapa perusahaan, kedatangan Xiaoice hanya sebagai pelengkap saja mengingat robot ini memiliki teknologi big data analytics.

Sebenarnya kedatangan robot seperti Xiaoice bukan hanya bisa mengganggu karir pembaca berita cuaca. Sebelumnya perusahaan internet di bidang game dan aplikasi lebih memilih memperkerjakan robot untuk menulis laporan ketimbang mempekerjakan pegawai manusia. Diprediki, sistem otomasi menggunakan robot, akan mempengaruhi sistem pekerjaan perusahaan di masa depan. Baca juga Smart Ring, Perangkat Pintar Terbaru Samsung dan Waspada, Jangan Percaya Pesan Berantai Facebook Bagi-bagi Triliunan Rupiah!.

Top