Samsung Perkenalkan Wearable Device Baru!

Smart Ring, Perangkat Pintar Terbaru Samsung – Generasi baru untuk perangkat pintar setelah gadget, mulai hadir di pasaran berupa wearable device atau perangkat pintar yang menempel atau dipakai pada tubuh manusia. Setelah pasaran ramai dengan produk smart watch atau jam pitar yang diproduksi oleh beberapa vendor, kali ini Samsung telah hadirkan perangkat wearable yang berbeda yaitu smart ring atau cincin pintar. Perangkat ini baru saja telah diajukan hak patennya.

smart-ring-perangkat-pintar-terbaru-samsung

Adapun konsep dari cincin pintar racikan Samsung ini adalah sebuah komponen yang akan bekerja sebagai alat pengendali dari smartphone, tablet, smart TV bahkan bisa juga sebagai pengendali smart home. Jadi secara tidak langsung, cincin pintar ini dirancang khusus untuk mengendalikan kinerja dari seluruh perangkat pintar yang ada saat ini.

Konsep utama yang Samsung terapkan adalah pada pengendalian rotasi cincin yang terpasang di jari pengguna. Dengan melakukan pergerakan memutar cincin ke kiri atau ke kanan maka pengguna akan dapat memulai fungsi pengendalian perangkat yangsudah disinkronisasikan. Begitulah informasi dari GSM Arena yang dilansir pada halaman tekno.tempo, Kamis (31/12/2015).

Cincin pintar ini juga dapat digunakan sebagai navigasi menu yang lebih kompleks dengan penawaran lebih banyak fungsi dan fiturnya.

Beberapa contoh pengendalian yang dapat dilakukan oleh smart ring dari Samsung ini diantaranya yaitu untuk menyalakan dan mematikan lampu, menaikkan tirai, serta mengubah saluran televise. Bahkan tak hanya itu saja, perangkat ini juga memungkinkan untuk dapat terkoneksi dengan jejaring sosial, Facebook.

Sementara itu, smart ring ini menggunakan teknologi yang diadopsi dari smart watch Samsung S2 yang memiliki bezel putar agar perangkat tersebut juga bisa saling terhubung. Konsep bezel putar ini sama seperti yang diterapkan pada Apple Watch walapun pada pengembangannya tentu menggunakan konsep yang berbeda.

Sebetulnya untuk pengembangn cincin pintar ini bukan hanya dilakukan oleh Samsung saja. Beberapa perusahaan teknologi lainnya juga mulai mematenkan perangkat jenis baru tersebut, hanya memang segi pengembangannya yang memiliki konsep dan fungsi berbeda.

Seperti yang dilakukan Microsoft, perusahaan ini akan mengembangkan konsep pengendalian dengan metode pergeseran permukaan cincin, bukan rotasi. Juga Google yang hendak menggunakan perangkat serupa untuk pengendali google Glass. Baca juga Apple Watch Menjadi Produk Terpopuler  di Pasaran Smartwatch dan Microsof Band 2, Perangkat Gelang Pintar Terbaru dari Microsoft

 

Top