Samsung Garap Chipset Exynos Khusus untuk Pihak Ketiga?

Chipset Exynos 8870 Dirancang Samsung Khusus untuk Klien Pihak Ketiga? – Beberapa waktu belakangan, memang Samsung telah semakin konsisten menciptakan perangkat hardware untuk perangkat mobile produksinya sendiri yaitu chipset dengan nama Exynos. Yang belakangan ini santer terdengar adalah rumor mengenai perancangan chipset Exynos 8890 yang akan diterapkan pada Galaxy S7, flagship yang akan segera meluncur pada tahun 2016 mendatang.

chipset-exynos-8870-dirancang-samsung-khusus-untuk-klien-pihak-ketiga

Namun, faktanya sekarang untuk Galaxy S7 sendiri justru dihadirkan dengan dua jenis varian chipset yaitu Exynos 8890 dan Snapdragon 820 produksi terbaru dari Qualcomm.

Kali ini, selain sedang menggarap Exynos 8890 tersebut, rupanya Samsung juga tengah fokus pada chipset Exynos 8870. Dan yang lebih mengejutkan, isu yang beredar mengatakan bahwa Samsung tidak akan menggunakan Exynos 8870 itu sendiri, tetapi khusus dirancang untuk dipergunakan pada perangkat pihak ketiga Samsung seperti Meizu. Berdasarkahn informasi yang dilansir pada halaman beritateknologi.com, Rabu (30/12/2015) menyatakan bahwa chipset Exynos 8870 ini memiliki performa yang berada di bawah Exynos 8890.

Isu tersebut semakin diperkuat oleh informasi yang bersumber dari pihak Meizu sendiri yang kabarnya untuk produksi seri terbarunya, Meizu 6 Pro yang akan membawakan chipset Exynos 8870. Namun, untuk informasi secara teknis dari chipset Exynos 8870 sendiri memang masih belum diungkapkan.

Apabila nantinya rumor ini telah terbukti kebenarannya, maka terbukti bahwa Samsung juga telah semakin sukses mengepakkan sayapnya tidak hanya pada produksi gadget saja tetapi kian sukses pada produksi komponen-komponen hardware.

Kesuksesan Samsung pada produksi hardware ini juga berkat adanya hasil pengujian di atas kertas yang dibandingkan antara Exynos 8890, Snapdragon 820, Huawei Kirin 950, MediaTek Helio X20 dan Apple A9 yang tersusun pada halaman MyDrivers.com. Dari hasil benchmark yang menggunakan GFXBench telah melakukan testing terhadap CPU dan menghasilkan data grafik bahwa Samsung Exynos 8890 berada pada posisi teratas untuk pengujian secara multicore.

Meskipun hasil pengujian di atas kertas tersebut, tidak 100% akurat sama dengan kinerja aslinya, tetapi paling tidak bisa mnejadi salah satu tolak ukur dan nantinya kinerja tersebut akan tergantung pada factor-faktor pendukung lain seperti pengoptimalan software, dan lain sebagainya. Baca juga Menkominfo Ultimatum Apple untuk Bangun Pusat Riset di Indonesia dan Samsung Galaxy S7 Punyai Fitur Iris Scanner?

 

Top