Proyek Fi untuk Cakupan Wi-Fi Lebih Jauh Mulai Diterapkan di Tablet

Google Lakukan Eksperimen Layanan Wi-Fi untuk Tablet – Lama dikembangkan oleh Google, akhirnya langkah besar diambil Google dengan melakukan eksperimen pengembangannya yakni Proyek Fi, yang bertujuan memperluas cakupan jaringan Wi-Fi untuk pengguna gadget tablet. Google mempraktekkan pengembangannya tersebut dengan tablet seluler semisal Nexus 7 dan iPad Air 2 untuk bisa menggunakan layanananya, mulai hari Rabu (16/12) kemarin.

Proyek Fi untuk Cakupan Wi-Fi Lebih Jauh Mulai Diterapkan di Tablet

Untuk menikmati proyek Fi dari Google ini, pengguna hanya membutuhkan kartu SIM sebagai penghubung perangkat ke jaringan seluler. Begitu ungkap Google dalam postingannya di blog.

Proyek Fi sendiri memberikan layanan nirkabel lewat kombinasi cakupan seluler dari T-Mobile dan juga Sprint berikut jaringan Wi-Fi lokal. Google sebelumnya juga sudah bereksperimen menggunakan fitur handoff yang terhubung antara smartphone dan jaringan Wi-Fi. Langkah strategis yang dilakukan Google ini pastinya akan memberikan layanan yang lebih maksimal untuk pengguna. Apalagi proyek Fi juga menawarkan cakupan jaringan lebih luas untuk pengguna tablet yang jauh dari W-Fi Area dengan memanfaatkan hotspot.

“Karena jumlah dan variasi perangkat yang terhubung terus berkembang, begitu juga seharusnya jumlah pilihan nirkabel,” ujar Laura Holmes, selaku manajer produk senior Proyek Fi dalam sebuah posting blog, dikutip dari laman TeknoTempo (17/12).

“Kami akan terus bereksperimen dengan cara-cara kreatif untuk membuat akses nirkabel dari perangkat Anda semudah menghubungkan dengan telepon Anda,” tambah Laura.

Menariknya, Google tidak akan mematok tarif mahal kepada pengguna yang ingin menikmati proyek Fi. Hanya saja pengguna wajib menambah SIM data, lantas membayar sebesar US$ 10 tiap GB data yang digunakan perbulan.

Kartu SIM data untuk Proyek Fi sendiri sudah dimulai dengan lima tablet antara lain Nexus 7, Nexus 9, iPad Air 2, iPad Mini 4 dan Galaxy Tab S. Kriteria tablet yang kompatibel dengan layanan ini, adalah tablet yang memiliki fitur seluler serta menyediakan slot kartu SIM.

Sebenarnya, Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab S merupakan perangkat yang ditoleransi dapat menggunakan fitur ini. Sebab, sebelumnya Google membatasi proyek Fi hanya bisa digunakan untuk varian Nexus saja. Baca juga 3DR Solo Resmi Dijual di Indonesia dengan Lima Fitur Unggulan dan “Tap to Translate”, Fitur Baru Google bagi Android yang Akan Hadir Mulai 2016.

 

Top