Kelanjutan Kasus Paten, Apple Kembali Tuntut Samsung Rp 2,4 Triliun

Awal Tahun Baru Apple Tuntut Samsung Rp 2,4 T – Perseteruan anatara dua raksasa teknologi besar dunia yakni Apple dan juga Samsung belum juga membaik. Setelah sebelumnya bertikai akibat masalah paten teknologi, kini Apple dikabarkan sudah masuk dalam tuntutan selanjutnya yaitu berupa uang 180 juta dollar AS atau setara dengan Rp 2,4 triliun. Nominal tersebut termasuk fantastis, dan bisa membuat Samsung bangkrut seketika. Tuntutan Apple ini merupakan buntut persoalan paten yang memang sudah menguap beberapa bulan lalu.

Akhir Tahun Baru Apple Tuntut Samsung Rp 2,4 T

Padahal sebelumnya, Samsung dan juga Apple sudah sepakat pada sebuah perjanjian. Dalam perjanjian tersebut, Samsung bersedia menggelontorkan dana ganti rugi sebesar 548 juta dollar AS atau setara dengan Rp 7,4 triliun untuk Apple. Namun seolah masih merasa kurang atau ingin memperpanjang masalah, Apple merasa 548 juta dollar masih terlalu sedikit. Alhasil Apple kini meminta tambahan uang ganti rugi sebesar 180 juta dollar lagi dan berharap dapat mengantongi setidaknya 720 juta dollar dari Samsung dalam kasus ini.

Dilansir dari KompasTekno, hari Senin (28/12), dokumen tuntutan penambahan dana ganti rugi dari Apple dipublikasikan pertama kali pada hari Kamis yang lalu oleh ahli paten ternama, Florian Mueller.

Dari dokumen tuntutan tersebut, juga menunjukkan jika pabrikan Apple tidak hanya asal mematok harga dengan nominal yang ditetapkan. Melainkan dengan jumlah uang 548 juta dollar hanya sanggup menebus kesalahan Samsung saat mencuri hak paten Apple selama bertahun-tahun, termasuk dari paten teknologi, desain, dan lainnya.

Kemudian untuk tambahan uang tuntutan sebesar 180 juta dollar tersebut, merupakan uang ganti rugi yang harus dibayarkan Samsung kepada Apple sebagai tuntutan kerusakan tambahan. Yaitu kerugian Apple atas pelanggaran paten yang dilakukan oleh Samsung pasca putusan arbitrase dikeluarkan.

Sampai saat ini, dua rival di bidang smartphone ini belum merilis pernyataan resmi terkait tuntutan tambahan dari Apple. Sekedar informasi, perseteruan antara dua raksasa teknologi ini sudah berlangsung sengit mulai dari tahun 2011 silam. Baik antara Apple dan Samsung terus melontarkan serangan terkait teknologi yang dipatenkan, bahkan saat ini perseteruan kedua pabrik ini malah semakin sengit. Baca juga Huawei D8 Siap Lawan Galaxy S7 dan Tablet Termurah Samsung Bakal Segera Hadir dengan Banderol Satu Jutaan.

Top