Jualan Sepi, Samsung Stop Produksi Kamera

Samsung Stop Produksi Kamera Digital – Setelah sebelumnya muncul rumor jika Samsung akan segera menghentikan produksi di lini kamera, akhirnya kini hal tersebut terbuktikan. Baru saja perusahaan teknologi terbesar asal Korea Selatan tersebut mengkonfirmasi jika rumor yang beredar luas adalah benar. Samsung baru saja mengumumkan untuk berhenti menjual kamera di Inggris.

Jualan Sepi, Samsung Stop Produksi Kamera

“Kami cepat beradaptasi dengan kebutuhan serta permintaan pasar. Di Inggris, kami menghadapi situasi berkurangnya permintaan kamera digital, camcorder dan berbagai aksesorisnya,” ujar juru bicara Samsung, seperti dilansir Begawei dari KompasTekno Selasa (1/12/2015).

“Dengan alasan tersebut kami memutuskan untuk menghentikan penjualan dan pemasaran produk tersebut. Ini adalah keputusan lokal, berdasarkan kondisi pasar lokal,” tambahnya lagi.

Sebenarnya desas-desus Samsung akan meninggalkan bisnis kamera sudah santer beredar. Dimana jauh hari sudah diberitakan jika bisnis kamera Samsung kian lesu di Inggris. Bahkan Samsung juga berencana untuk mengentikan penjualan kamera NX1 untuk pasar Benua Eropa. Padahal jika kita hitung belum sampai satu dekade bisnis kamera Samsung dibangun, ternyata Samsung lebih cepat menyerah.

Sebagai tambahan informasi, kamera DSLR pertama Samsung dirilis pada tahun 2006 yang lalu dengan menggandeng produsen kamera Pentax. Samsung juga mengklaim jika DSLR pertama mereka yang diberi nama GX 1S tersebut adalah modifikasi dari kamera Pentax DS 2.

Dilanjutkan tiga tahun kemudian tepatnya tahun 2009, Samsung kembali meluncurkan lini produksi untuk seri NX. Kamera berjenis mirrorless ini memiliki kualitas dan fitur yang setara dengan kamera DSLR, tetapi dikemas dengan bentuk yang lebih praktis dan kompak layaknya sebuah kamera point and shoot. Terakhir, Samsung kemudian meluncurkan kamera NX 500 yang memiliki keunggulan berupa sensor ukuran APS-C setajam 28 MP. Lantas setelah bulan Februari tahun ini, Samsung tidak lagi terdengar merilis kamera seri NX lagi.

Jika dilihat dari kiprah Samsung dalam merilis kamera, sebenarnya prestasi yang ditorehkannya juga tidak terlalu buruk. Bahkan kamera digital buatan Samsung, dinilai memiliki kualitas foto yang cukup bagus. Sayangnya pasar kamera Samsung masih kalah dengan produsen asli kamera lainnya seperti Fujifilm, Olympus, Sony, Nikon, dan Canon yang dinilai konsumen lebih konsisten dalam merilis kamera berkualitas. Baca juga Tanggal 4 Desember Apple Watch Resmi Rilis di Tanah Air dan Sony PlayStation 4 Terjual 30 Juta Unit Hanya Dalam 2 Tahun.

Top