Inovatif, Insinyur Inggris Ciptakan Kipas Angin Tanpa Baling-baling

Insinyur Inggris Kembangkan Kipas Angin Modern Tanpa Baling-baling – Sekumpulan insinyur di perusahaan home appliance asal Inggris, yakni Dyson, berhasil menciptakan kipas angin inovatif yang mereka beri nama Dyson Cool. Kipas angin tersebut bukanlah kipas angin biasa, sebab Dyson Cool adalah kipas angin modern yang mampu meminimalisir suara bising serta konsisten menciptakan hembusan angin yang kuat untuk penggunanya.

Inovatif, Insinyur Inggris Ciptakan Kipas Angin Tanpa Baling-baling

Untuk mengatasi suara bising biasanya dengan pemutaran baling-baling secara lembut. Namun hal ini jelas berdampak pada kekuatan angin yang dihasilkan kipas tidak akan maksimal. Sedangkan kipas angin yang memiliki hembusan angin kencang cenderung memiliki suara bising yang dihasilkan oleh baling-baling miliknya.

Untuk itu Dyson kemudian mulai mendesain sebuah kipas angin tanpa baling-baling, kipas angin tersebut memiliki bentuk lingkaran serta dirancang dengan aliran udara yang diprogram sedemikian rupa, lalu diperkuat dengan teknologi air multiplier. Lantas bagaimana cara Dyson Cool menghasilkan angin?

“Rahasianya ada di kaki kipas angin, terdapat rongga yang di dalamnya bersemayam mesin penghisap yang senyap, udara yang dihisap kemudian didistribusikan ke saluran melingkar di atasnya, terang Jia Min Tan, Dyson Acoustic and Vibration Analysis Engineer dikutip dari KompasTekno, Selasa (8/12/2015).

Jia Min lantas menjelaskan lagi, jika lingkaran tersebut memiliki sedikit celah tempat udara bertekanan untuk mengalir.

“Prinsipnya mengikuti hukum fisika Bernaulli, karena tekanan udara yang dihasilkan di sekeliling lingkaran lebih tinggi dibanding udara yang bergerak, maka udara bertekanan rendah di belakang kipas akan tersedot ke dalam lingkaran, dan didorong ke depan, dengan demikian udara yang dihembuskan lebih kuat,” tambah Jia Min.

Rahasia sistem kerjanya juga terlihat jelas dari motor penghisap udara yang dirancang Dyson. Meski memiliki ukuran kecil, tetapi mampu menghisap udara dengan cukup kuat. Rotasi kipasnya sendiri bisa mencapai 110.00 rpm, sangat besar dan kuat.

Dengan hasil udara tersebut seharusnya akan menghasilkan suara super bising. Untuk meminimalisir hal itu, Dyson telah menggandeng ahli di bidang akustik yakni Jean-Baptiste Blanc untuk menghilangkan suara bising pada Dyson Cool.

Lagi-lagi untuk hal ini menggunakan ilmu fisika lewat teknologi Helmholtz Cavity yang memungkinkan aliran udara yang dihasilkan kipas akan dijebak lebih dulu di subuah rongga demi mengubah amplitudo. Dengan model tersebut pada akhirnya gelombang suara yang dihasilkan bisa lebih seimbang tanpa adanya turbulensi. Baca juga Jepang Diprediksi akan Dipadati Robot dan Google Kembangkan Alat Cek Darah Tanpa Jarum Suntik.

Top