Hari Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Jamin Jaringan Lancar

Telkom Group Pastikan Natal dan Tahun Baru Komunikasi Tetap Lancar – Menjelang hari raya umat Kristiani, Natal, dan juga Tahun Baru, Telkom Group sudah menjamin jika pada hari H tersebut jaringannya tidak akan mengalami trouble terutama untuk Kawasan Timur Indonesia. Hal tersebut karena saat ini Telkom sudah menyiapkan jaringan BTS yang dimaksimalkan.

Hari Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Jamin Jaringan Lancar

Dalam pengujiannya, secara khusus Abdus Somad Arief  yang menjabat sebagai Direktur Network, Information Technologi and Solution telah melakukan Rehearsal Test di Kantor Network Telkom Regional 7 KTI  untuk memantau jaringan berjalan stabil, walaupun berada dalam kondisi mati listrik ataupun ketika jaringan berpindah.

Abdus juga mengatakan jika pengujian jaringan ini dilakukan lewat proses fiber optic cut, dengan melakukan pengecekan kesiapan link subtitusi Telkom. Apabila ternyata pada link utama ini mengalami trouble, maka trafik sebelumnya akan dipindah ke Balaikota (Makassar) – Rungkut (Surabaya).

“Kami juga melakukan simulasi Catuan Dual Source Tera Router & Simulasi  Catuan Backup PLN, untuk memastikan catuan daya untuk masing-masing fungsi bisa berjalan maksimal dan terdapat catuan cadangan jika terjadi masalah pada catuan utama,”ujar Abdus, dilansir dari laman Autotekno Sindonews, hari Selasa (22/12).

Abdus menambahkan untuk kasus pertama dilakukan dengan cara mematikan salah satu sumber DC di perangkat Tera Router. Setelah proses tersebut selesai, maka dipastikan jaringan tetap akan berjalan normal sekaligus komunikasi pengguna dijamin tetap ancar. Sementara untuk kasus kedua akan dilakukan simulasi mematikan daya catuan PLN. Lewat catuan daya PLN yang dibackup oleh Genset, maka seluruh perangkat pengguna tetap akan berjalan dengan normal.

“Simulasi ini merupakan program kegiatan TelkomGroup yang bersifat rutin di sepanjang waktu-waktu tertentu seperti selama Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, Tahun Baru maupun pada kegiatan yang bersifat eventual,” tambahnya.

Dengan tahap simulasi yang dilakukan oleh Telkom Group, dia menjamin jika siap memback-up kelancaran jaringan untuk konsumen prioritas seperti perbankan, kepolisian, layanan pesawat, bandar udara, pengelola pelabuhan laut, maupun event-event penting lainnya yang saat itu tengah berlangsung. Baca juga Apple Watch Menjadi Produk Terpopuler  di Pasaran Smartwatch dan Asiafone AF22 Ponsel Murah Meriah dengan Fitur Anti Air.

 

Top