Google Kembangkan Fitur Login Tanpa Password

Google Mulai Uji Coba Kemampuan Login Tanpa Password – Saat ini Google seolah tak pernah berhenti untuk melakukan inovasi teknologi yang menguntungkan pengguna internet di seluruh dunia. Yang paling baru, setelah cukup lama dikembangkan oleh insinyur Google, raksasa teknologi ini siap untuk melakukan uji coba pada kemampuan masuk di akun atau biasa disebut login ke akun Google namun tanpa kata sandi atau password. Disebut-sebut, lewat teknologi tersebut pengguna hanya cukup mengkonfirmasi akses lewat notifikasi dari smartphone saja.

Google Mulai Uji Coba Kemampuan Login non-Password

Pengembangan Google ini pertama kali diuji coba dengan menggandeng pengguna situs populer Reddit. Diungkapkan oleh pengguna Reddit yang bernama rp1226 atau Rohit Paul, ia mendapatkan invitasi dari Google untuk melakukan pengujian pada fitur prototipe login tanpa password di akun Google miliknya. Hal tersebut nyatanya juga bukan sekedar omong kosong, lantaran Google juga membenarkannya.

“Kami mengundang beberapa pengguna untuk membantu uji coba kemampuan sign-in ke akun-akun Google tanpa permintaan password,” kata juru bicara Google, sebagaimana  dihimpun dari laman KompasTekno, Sabtu (26/12/2015).

Perwakilan Google tersebut juga menambahkan jika saat ini, password atau kata kunci pengguna kian rentan dibobol oleh peretas. Apalagi dari survey yang dilakukan lembaga kemanan internet, terungkap jika mayoritas pengguna banyak yang memiliki kata kunci yang sama antara satu sama lainnya. Contoh password yang cukup populer di kalangan peretas ialah seperti kata-kata umum dalam kehidupan sehari-sehari.

“‘pizza’, ‘password’, ‘123456’, dan susunan angka lainnya mudah tertebak,” ujar salah seorang perwakilan Google lagi.

Selain itu sumber informan dari Googe tersebut mengatakan jika untuk mekanisme kerja fitur login tanpa password adalah meliputi yang paling pokok, pengguna harus mengotentifikasi perangkat smartphone miliknya dengan akun Google.

Kemudian setelah itu, saat pengguna membuka layanan Google (Gmail, Google Drive, YouTube, dll), pengguna hanya cukup memasukkan alamat e-mail saja. Lantas beberapa kemudian, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan khusus pada smartphone miliknya. Terakhir, pengguna hanya tinggal memutuskan apakah mengizinkan akses masuk atau menolaknya.

Sejauh ini fitur login dari smartphone sudah diujikan ke pengguna OS Android dan iOS, sementara belum ada informasi lebih lanjut kapan pengembangan dari Google ini diluncurkan ke publik. Baca juga BlackBerry akan Berikan Diskon Besar-besaran untuk Priv dan Whatsapp Hadirkan Fitur Panggilan Video.

Top