Google Beri Pengaman untuk Chrome Versi Mobile

Chrome Versi Android Defaultkan Fitur Safe Browsing – Rupanya para penyedia software dan aplikasi sekarang telah bekerja semakin giat untuk menjaga keamanan dari penggunanya. Selain Facebook, kali ini berita serupa terdengar dari Google. Mesin pencari terbesar ini lagi-lagi memberikan pelayanan yang cukup dibutuhkan oleh pengguna yaitu memberikan pengamanan terhadap salah satu browser buatannya, Chrome pada perangkat mobile. Hal tersebut memang sangat diperlukan mengingat perangkat mobile akan lebih mudah terserang malware daripada perangkat desktop sehingga para perusahaan penyedia layanan tersebut akan semakin memperketat keamanan guna menjaga kenyamanan pengguna.

chrome-versi-android-defaultkan-fitur-safe-browsing

Kini, pengguna Chrome pada perangkat mobile khususnya Android, tak perlu khawatir lagi dengan adanya malware-malware yang berhasil menyusup melalui situs-situs tertentu. Karena saat ini Goole telah mengaktifkan fitur keamanan secara default untuk pengguna Chrome khusus pada perangkat Android.

Fitur yang disediakan Google tersebut adalah Safe Browsing. Awalnya, fitur ini memang telah diterapkan pada Chrome versi desktop saja. Kemudian sejak sekitar dua tahun yang lalu, Google juga menyusulkan fitur ini tersedia bagi pengguna perangkat Android hanya saja masih belum menjadi fitur bawaan yang dapat dinikmati oleh semua pengguna. Namun kali ini, fitur tersebut telah aktif bagi seluruh pengguna Chrome di Android secara seragam.

Safe Browsing memang menjadi salah satu fitur yang sangat berguna untuk melindungi perangkat pengguna. Apabila fitur ini telah aktif, maka setiap situs yang hendak dikunjungi oleh pengguna akan terlebih dahulu dipindai dan difilter. Kemudian, jika terdeteksi adanya bahaya pada alamat situs yang dituju nantinya pengguna akan mendapatkan peringatan berupa notifikasi.

Berdasarkan laporan TechCrunch yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Jumat (11/12/2015)yang menuliskan bahwa perlindungan terhadap phising tersebut merupakan satu hal yang paling sulit untuk diberikan pada perangkat genggam.

Pihak browser yang hendak memberikan fitur ini memang harus bekerja ekstra untuk mengupdate setiap situs yang terkait phising agar nantinya bisa memperingatkan pengguna. Tentu saja untuk melakukan akses terhadap proses tersebut harus dilakukan dengan cepat dan akan memakan cukup banyak kapasitas memori juga bandwith sedangkan pada perangkat mobile kapasitas tersebut serta processor masih belum sebesar perangkat desktop. Itulah yang menjadi salah satu kendala untuk pengamanan browser pada perangkat mobile.

Namun, kini fitur Safe Browsing telah terpasang pada Google Play, sehingga bagi browser apapun  yang terpasang di platform Android akan bisa menikmati fitur keamanan tersebut. Baca juga Fitur Security Checkup dari Facebook Telah Meluncur untuk Pengguna Android dan Fitur Indoor Google Maps Bisa Lakukan Pemetaan Lokasi Dalam Gedung di Indonesia

Top