Fitur Split Screen akan Disematkan di Android 6.1

Android 6.1 Hadir Tahun 2016 Dengan Fitur Split Screen – Android 6.1 merupakan kelanjutan dari seri Android 6.0 atau yang akrab disapa dengan Marshmallow. Kabar yang beredar, Android 6.1 ini akan diluncurkan pada Juni 2016 mendatang dengan menghadirkan kemampuan andalannya yaitu fitur split screen atau multi window.

Android 6.1 Hadir Tahun 2016 Dengan Fitur Split Screen

Fitur split screen atau multi window ini sangat membantu kegiatan multitasking terutama untuk gadget yang mempunyai layar lebar. Dalam fitur ini, kita bisa melihat dan menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Sebelumnya memang telah muncul fitur serupa yang disediakan oleh beberapa vendor seperti Samsung dan LG melalui UI ciptaan pengembangan mereka sendiri. Namun para pecinta ROM AOSP alias “Android polosan” belum dapat menikmati fitur yang memaksimalkan fungsi multitasking tersebut karena pada dasarnya OS Android belum mendukung adanya fitur split screen. Di dalam fitur split screen ini akan terlihat layar gadget membelah atau membagi tampilan menjadi dua bagian sehingga layar bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi yang sedang berjalan.

Mengenai kemunculan Android 6.1 yang akan diluuncurkan bulan Juni 2016 mendatang bertepatan dengan ajang Google I/O yang diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk penamaannya sendiri, Android 6.1 ini kabarnya akan tetap menggunakan nama Marshmallow. Tetapi banyak kabar beredar lainnya yang juga mengatakan tim Pixel akan membawa fitur split screen tersebut pada Android N dan nantinya akan diberi nama dengan awalan huruf N.

Menurut Director for Consumer Hardware Google, Andrew Owers menyatakan bahwa pihaknya sedang mengerjakan Android N dengan mengembangkan fitur andalannya yaitu fitur split screen. Kebenaran nama yang akan digunakannya sampai saat ini belum jelas kabarnya, tetapi seperti yang kita ketahui bahwa sepanjang riwayat Android Google selalu mengubah nama sistem operasinya jika terjadi perubahan besar dalam hal tampilan maupun user interfacenya. Seperti yang pernah terjadi yaitu  Android 2.0 dengan search bar statis, tema Holo dan font Roboto pada Android 4.0, Material Design milik Android 5.0, serta Google Now on Tap pada Android 6.0. Pada Android 6.1 ini apakah fitur split screen tersebut akan berpengaruh terhadap penamaaannya? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Top