Facebook Larang Anda Bunuh Diri!

Alat Pencegah Bunuh Diri dari Facebook Kini Mulai Menyambangi Australia – Jejaring sosial raksasa yang telah hampir digunakan oleh semua orang di seluruh pelosok dunia, kini semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Dari mulai fitur-fitur modern dan canggih yang diterapkan kini juga telah hadir alat canggih besutan Facebook yang sanggup melakukan pencegahan bunuh diri terhadap meraka yang mengalami tekanan.

alat-pencegah-bunuh-diri-dari-facebook-kini-mulai-menyambangi-australia

Berdasarkan laporan dari Mashable yang dikutip dari halaman tekno.tempo, Selasa (08/12/2015) menuliskan bahwa seorang juru bicara dari Facebook mengatakan program tersebut sebetulnya telah meluncur sejak bulan Februari lalu di Amerika Serikat dan kini baru mulai melangkah ke Australia.

Di Negara asalnya, Amerika Serikat Facebook telah menjalin kerja sama dengan lembaga kesehatan mental lokal termasuk Forefront, Noe Matters Now, dan National Suicide Prevention Lifeline dalam rangka mengembangkan inisiatif tersebut. Sedangkan untuk Australia, Facebook bekerja sama dengan BeyondBule dan Headspace dalam sebuah jalinan kolaborasi yang dipublikasikan pada tanggal 4 Desember 2015 lalu.

Layanan pencegah bunuh diri di Facebook tersbeut akan mendeteksi seorang pengguna yang sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri berdasarkan statu ataupun postingan yang mereka publikasi di Facebook., lelu kemudian layanan Facebook secara otomatis akan mendesak pengguna tersebut untuk menghubungi layanan darurat serta melaporkan materi yang diposting tersebut ke pihak Facebook.

Dari tulisan tersebut, pihak Facebook kemudian akan mendorong penulis untuk berkomunikasi dengan seorang ahli kesehatan mental melalui sebuah pesan pop-up pribadi atau hanya sekedar menghubungi teman atau memberikan solusi berupa saran untuk meredakan rasa tertekan pada perasaan pengguna tersebut.

Pelayanan yang diberikan oleh Facebook ini juga sebagai upaya untuk menyediakan sumber daya serta dukungan terhadap orang-orang yang mempublikasi postingan-postingan yang mengganggu.

Sedangkan untuk fitur lain, juga telah diberikan pilihan untuk pengguna lain dengan menelpon atau megirim pesan kepada mereka yang tertekan agar pihak pengguna yang mengalami tekanan mental tersebut mengetahui bahwa masih ada yang memprdulikannya dan memberi dukungan.

Sebetulnya, pengadaan layanan pencehag bunuh diri tersebut memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, berdasarkan penelitian secara global telah ada jutaan pengguna Facebook yang mengalami masalah-masalah serupa. Sehingga diharapkan layanan tersebut akan sanggup mengurangi aksi bunuh diri yang dilakukan oleh pengguna Facebook.  Baca juga Tunjukan Jiwa Sosial Facebook Luncurkan Page Khusus Fundraiser Bagi Lembaga Nonprofit dan Virtual Reality Bakal Diterapkan pada Facebook

Top