Diresmikan Presiden, 4G Diharpakan Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Presiden Jokowi Resmikan Jaringan 4G Nasional – Jumat (11/12) kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan penggunaan jaringan 4G nasional. Dengan didampingi beberapa menteri, seperti Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koordinator Polhukam Luhut Pandjaitan, Menkominfo Rudiantara dan juga Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Presiden Jokowi meresmikan penggunaan jaringan mobile generasi keempat atau 4G LTE (Long Term Evolution) untuk skala nasional.

presiden-jokowi-resmikan-jaringan-4g-nasional

Acara peresmian penggunaan jaringan 4G LTE secara nasional ini mengusung tajuk “Revolusi Digital Merevolusi Ekonomi Indonesia”.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan 4G secara nasional” kata Presiden Jokowi saat meresmikan 4G Nasional yang digelar di Museum Nasional, Jakarta.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ada lima operator besar yang terdiri dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri, Smartfren Telecom, dan juga XL Axiata yang sudah melakukan refarming penggunaan jaringan mobile 4G LTE. Tiga operator terbesar, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, serta XL Axiata akan menggunakan spektrum 800 MHz dan 1800 MHz. Sedangkan Smartfren akan menggunakan spektrum 800 MHz dan 2300 MHz.

Setelah diresmikan penggunaannya, saat ini kelima operator besar Tanah Air tersebut terus berlomba-lomba mempromosikan layanan 4G pada masyarakat agar dapat dikenal lebih luas. Tak hanya itu saja, operator seluler tersebut juga terus melakukan pembangunan jaringan untuk meningkatkan cakupan 4G LTE agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna di seluruh Indonesia.

Dalam acara peresmian penggunaan 4G secara nasional kemarin, Presiden Jokowi juga berpesan pada Menkominfo Rudiantara agar jaringan 4G LTE dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, Menkominfo juga mengatakan bahwa kehadiran jaringan 4G LTE di Jakarta merupakan janjinya pada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok. Jaringan 4G LTE diperlukan agar Ahok dapat membangun Jakarta menjadi Smart City, seperti yang digagasnya.

“Presiden tadi berpesan, tolong manfaatkan agar 4G nggak cuma buat teleponan saja, tapi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Itu sebabnya kami lebih mendoronge-commerce, bukan social media. Dengan adanya e-commerce, 4G bukan cuma pipa saja, tapi sudah ada isi pipanya,” kata Menkominfo Rudiantara.

Peresmian 4G LTE merupakan bagian dari program percepatan penyediaan layanan akses broadband yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang melibatkan lima operator seluler besar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia dan juga Smartfren. Baca juga Sudah Sejauh Mana Perkembangan Mengenai  Aturan Main TKDN? dan Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan.

Top