Diam-diam Apple Bangun Laboratorium Khusus Layar di Taiwan

Laboratorium ‘Display’ Rahasia Apple Mulai Terkuak – Apple dikabarkan diam-diam telah memiliki laboratorium khusus pengembangan layar dan display di Taiwan. Laboratorium ini memang sengaja dirahasiakan oleh perusahaan pimpinan Tim Cook tersebut, guna melakukan eksperimen serta tahap pengembangan untuk komponen display produk smartphone maupun tablet dari Apple.

Diam-diam Apple Bangun Laboratorium Layar di Taiwan

Seperti berita yang berhasil dikutip dari Slashgear, hari Kamis (17/12), mengungkapkan jika sebenarnya Apple telah membangun sebuah lab khusus di Taiwan Utara, atau lebih tepatnya di bagian Longtan. Lab tersebut diketahui sebelumnya adalah milik perusahaan teknologi AU Optronics dan Qualcomm, hingga kemudian Apple mengakuisisi lab tersebut.

Lab rahasia Apple tersebut juga disinyalir memiliki 50 orang insinyur dan beberapa karyawan lainnya yang sebelumnya bekerja di perusahaan AU Optronics dan Qualcomm. Sumber lain juga menyebutkan jika saat ini Apple memang tengah mengembangkan teknologi layar atau LCD untuk produk-produk baru mereka ke depannya, misal iPhone, iPad, atau komputer Mac.

Apple sendiri berambisi dengan adanya lab tersebut dapat menghasilkan layar yang berukuran tipis, ringan, terang, dan lebih hemat energi jika dibandingkan layar yang saat ini diproduksi. Ada isu pula yang menyatakan jika Apple sedang berangsur mengganti layar perangkatnya selama ini ke teknologi OLED. Laboratorium tersebut juga diharapkan bisa melepas ketergantungan Apple terhadap pemasok layar seperti Samsung, Sharp dan LG.

Sedangkan catatan bisnis menyebut jika Apple telah mengambil alih gedung laboratorium sejak bulan April tahun 2015. Sampai detik ini, Apple belum memberikan konfirmasi resmi mengenai berita yang beredar, sekaligus keberadaan laboratorium khususnya di Taiwan tersebut.

Keberadaan laboratorium Apple mulanya tercium ketika perusahaan menawarkan sejumlah posisi pekerjaan untuk lab khusus tersebut. Sekedar tambahan informasi, Apple sendiri saat ini memang gencar mengembangkan teknologi diplay layar karena banyaknya konsumen yang mengeluhkan masa pakai baterai produk Apple cenderung boros. Selama ini memang layar Apple dinilai sebagai salah satu faktor penyebab daya baterai Apple konsumtif. Untuk itu Apple sekarang memang lebih giat dalam mengembangkan teknologi layar miliknya, termasuk berupaya beralih ke LED organik meskipun untuk saat ini layar OLED berharga cukup mahal. Baca juga Google Lakukan Eksperimen Layanan Wi-Fi untuk Tablet dan Blackview Ultra Plus Andalkan Desain Fisik Mirip iPhone 6S Plus.

Top