China Bakal Jadi Pasar Windows 10 Versi Custom

Windows 10 Versi Custom Bakal Disuplai Bagi Pemerintah China – Beberapa waktu belakangan ini Microsoft dikabarkan tengah menjalin kemitraan dengan pemerintah China. Rupanya, kerja sama yang terjalin tersebut merupakan perencanaan dari kedua pihak untuk memungkinkan bagi pemerintah China menggunakan Windows 10 versi custom.

windows-10-versi-custom-bakal-disuplai-bagi-pemerintah-china

Seperti laporan Shanghaiist yang dilansir dari halaman techno.okezone, Senin (21/12/2015) mengungkapkan bahwa pihak Microsoft dan China Electronics Technology Group (CETG) telah mengumumkan joint venture baru. Mereka telah mengungkap layanan Windows 10 untuk pemerintah dan badan usaha milik negara di China.

Kemitraan yang terjalin tersebut, merupakan sebuah langkah awal bagi Microsoft untuk memberikan suplai terhadap pemerintah China dengan versi custom dari Windows 10. Lalu, sebetulnya apa perbedaan Windows 10 versia biasa dan versi custom? Namun, hingga kini masih belum diterangkan secara jelas perbedaan yang akan dibawakan oleh Windows 10 versi custom tersebut.

Pernyataan dari Chairman CETG, Xiong Qunli yang menyatakan bahwa pihaknya mengharapkan agar masyarakat internasional baik itu dari pihak akademisi, perusahaan bahkan negara akan dirangkul seluruhnya terkait sikap yang lebih terbuka untuk menjalin kerja sama.

“Seiring dengan mitra kami, kami dapat membangun lingkungan maya yang aman dan dapat dipercaya,” ujarnya.

Namun, rupanya upaya tersebut hingga kini masih dalam proses menunggu persetujuan  regulasi dan tercatat. Pasalnya, untuk kemitraan joint venture ini memiliki nominal yang sangat besar yaitu USD40 juta. Dengan prosentasi yang dipegang oleh Microsoft sebesar 49 persen dari joint venture dan CETG memegang sisanya yaitu 51 persen.

Sebenarnya, yang melatarbelakangi adanya upaya joint venture tersebut merupakan upaya peningkatan hubungan antara perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini dengan pemerintah China. Hal ini guna membangun hubungan yang lebih baik mengingat kejadian pada tahun 2014 yang mana pemerintah China menetapkan peraturan anti-monopoli dimana setiap warga di negeri Tirai Bambu ini dilarang untuk menjalankan PC pada platform sistem operasi Windows 8.

Sementara ini, informasi terkait masih belum ada kelanjutan. Baik dari Microsoft dan pemerintah China masih belum angkat bicara akan kelanjutan dari proses tersebut.

Terlebih lagi bagi penjelasan mengenai seperti apa Windows 10 versi custom secara detail juga belum ada, itulah yang dinanti-nantikan oleh masyarakat. Baca juga Pengguna Android akan Dipermudah Oleh Aplikasi Microsoft Apps dan Windows Phone Lawas Baru Bisa Update Windows 10 Tahun Depan

Top