Baterai Ponsel Berbahan Jamur Diklaim Hemat Energi dan Murah!

Jamur Portabella, Material Baterai Ponsel yang Hemat Energi, Ramah Lingkungan dan Murah – Setelah sekitar bulan Oktober lalu, ilmuwan dari dari Riverside Bourns Collage of Engineering, University of California dikabarkan telah berhasil membuat penemuan baru yaitu baterai ponsel yang terbuat dari jamur. Kali ini, informasi mengenai baterai ponsel berbahan jamur tersebut sudah semakin santer diberitakan.

jamur-portabella-material-baterai-ponsel-yang-hemat-energi-ramah-lingkungan-dan-murah

Anoda yang tercipta dari biomassa jamur portabella tersebut telah diklaim sebagai baterai ponsel yang lebih murah, ramah lingkungan serta lebih mudah diproduksi dibandingkan dengan material grafit sintetis untuk melakukan isi ulang pada baterai ponsel.

Hal ini menjadi sebuah solusi yang sangat tepat guna mengurangi produksi anoda berbahan sintetis. Pasalnya diperkirakan hingga tahun 2020 akan terdapat sekitar 900 ribu ton konsumsi granit alam untuk mebuat anoda tersebut. Sedangkan untuk memproses granit tersebut, telah digunakan campuran bahan-bahan kimia keras sejenis asam sulfur dimana limbah yang dihasilkan akan sangat berbahaya. Memperhatikan hal itu, Uni Eropa menyatakan bahwa proses semacam ini tidak layak untuk dipertahankan di masa depan.

Sementara itu, mengingat era yang semakin canggih maka peminat dari adanya baterai untuk peralatan elektronik sudah semakin meningkat. Kini, solusi dari persoalan tersebut telah hadir. Dengan memanfaatkan biomassa bermaterial biologis dari makhluk hidup menjadi alternatif terbaru yang dinilai lebih aman, dan murah tentunya.

Apabila baterai bernahan konvensional biasanya semakin lama dipakai akan semakin lemah dan mengurangi produktivitas, berbeda dengan baterai berbahan jamur ini. Karena baterai dengan material jamur, semakin lama digunakan maka akan semakin kuat daya tahannya, karena jamur akan memperbaiki bagian baterai yang mneyusut dengan lebih optimal.

Berdasarkan informasi dari Brennan Campbell, seorang pelajar dan peneliti dari Material Sciense and Engineering Program di UC Riverside, mengungkapkan bahwa dari material jamur ini akan menciptakan kinerja baterai dengan isi ulang untuk ponsel masa depan yang semakin meningkat. Hal ini dikarenak aktivasi dari pori-pori di struktur karbon saat sel baterai diestrum berulang kali.

Jadi memang aktifitas jamur yang dipanaskanj berkali-kali malah justru membuatnya semakin memiliki ketahanan yang kuat. Baca juga  Jamur Kancing, Material Baterai Lithium-Ion yang Tahan Lama dan Ilmuwan Kembangkan Inovasi Pengisian Baterai Ponsel dengan Urine

Top